Rabu 21 Jan 2015 10:01 WIB

Begini Cara Melunasi Utang Konsumtif

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Orang berutang
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Orang berutang

REPUBLIKA.CO.ID, Jika sudah terlanjur memiliki banyak utang, apalagi itu adalah utang konsumtif, Anda disarankan untuk segera melunasinya.

Perencana keuangan independen dari Tatadana Consulting, Aprida CFP, membagi tips melunasi utang konsumtif. Terutama bagi utang yang nilainya besar.

 

Tekad Kuat

Untuk bisa melunasi utang konsumtif yang terlanjur besar, tips pertama Anda harus bisa menanamkan dalam hati bahwa Anda bertekad untuk melunasi semua utang tersebut. Terus berpikir positif bisa melunasi utang tersebut

 

Buat daftar utang

Setelah memiliki niat dan tekad kuat, buatlah daftar utang dan bagilah utang tersebut dalam beberapa kelas bunga atau denda. Yaitu uutang dengan bunga tinggi, sedang, rendah dan tanpa bunga.

 

Gunakan aset lancar

Tingkat kenyamanan seseorang untuk membayar utang sebenarnya adalah tidak melebihi 35 persen dari pendapatan per bulan. Namun pada kasus khusus seperti ini, semakin besar bisa mengangsur untuk membayar utang akan semakin baik. “Daya gunakan semua aset lancar yang ada untuk membayar utang konsumtif, terutama yang bunganya paling tinggi terlebih dahulu,” ujarnya Rabu (21/1).

 

Hidup hemat

Untuk sementara hiduplah dengan gaya hidup paling minimal yang Anda bisa. Memang ini sebuah pilihan sulit, namun ibarat minum obat, walau pahit tetap harus diminum. Begitupun dengan penanganan utang konsumtif ini. Cara ini harus ditempuh, sehingga sisa uangnya bisa digunakan untuk membayar utang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement