Sabtu 10 Jan 2015 06:36 WIB

Mau Diet Berhasil? Rencanakan dengan Matang

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Diet (Ilustrasi)
Foto: Allwomenstalk
Diet (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Anda sedang berdiet dan sudah mencoba berbagai tips diet? Bahkan tips diet yang Anda jalankan justru menjadi beban. Namun, hasilnya tak kunjung datang?

Memang tips diet yang banyak dipaparkan dari berbagai sumber itu sulit dilakukan. Tapi juga tak menjamin memberikan hasil yang memuaskan. Tapi, jangan khawatir, mungkin Anda bisa mencoba tujuh tips yang baru saja di paparkan dalam laman Allwomenstalk, Sabtu (10/1) berikut ini.

Rencanakan diet Anda

Sebelum memulai diet, ada baiknya Anda merencanakannya terlebih dahulu. Jangan lakukan diet karena keinginan sesaat saja. Apalagi ketika Anda baru bangun tidur, lalu terpikir untuk berdiet dan merubah kebiasaan makan Anda, tapi tanpa perencanaan yang matang. Rencanakan dahulu apa tujuan Anda diet, yakinkan diri Anda untuk mengonsumsi makanan yang baik dan sehat. Juga pastikan Anda mengetahui strategi diet tersebut, baik dari segi keamanan dan kesehatan. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi berat badan secara efektif.

Jika Anda membutuhkan konsultasi dengan dokter, bicarakan pada ahlinya yaitu ahli gizi. Atau bisapula Anda datang kepada seorang personal trainer. Minta mereka memberikan beberapa saran jenis makanan apa yang sehat dan bisa  Anda konsumsi selama diet. Jadikan ini sebagai rencana yang harus Anda jalani.

Tuliskan rencana diet

Jika sudah memiliki rencana yang matang, sebaiknya Anda menuliskannya dalam buku harian. Tuliskan apa alasan Anda diet? Apa tujuan Anda diet? Mengurangi berat badan atau untuk kesehatan atau untuk apa? Lalu tuliskan pula bagaimana Anda mencapainya? Bagaimana Anda mengatur pola makan Anda? Bagaimana Anda menahan godaan makanan tertentu? Dengan menuliskannya, Anda akan memahami jenis perubahan yang akan Anda temui ketika Anda merubah kebiasaan makan Anda.

Cari rekan diet

Dalam melakukan diet, sebaiknya Anda mencari rekan yang bisa mendukung usaha diet Anda. Siapapun itu apakah keluarga, teman kerja, tetangga, atau teman dekat. Dengan memiliki rekan dalam diet, akan membuat rencana diet Anda berhasil. Rekan diet Anda akan mampu mempertahankan tanggung jawab Anda dalam diet juga membuat Anda terus termotivasi melakukan diet. Hubungi rekan Anda saat Anda merasa kelelahan saat diet. Atau saat Anda rasanya tak kuat lagi melakukan diet dan mau menyerah. Rekan diet Anda akan memastikan bahwa Anda membuat pilihan tepat untuk menjadi lebih sehat dan mengonsumsi makanan yang lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement