Kamis 08 Jan 2015 20:05 WIB

Filosofi Kopi Shooting di Lokasi Pertama Kopi Ditanam di Indonesia

Rep: CR05/ Red: Indira Rezkisari
Konferensi pers film Filosofi Kopi yang dibintangi Chico Jerikho dan Rio Dewanto.
Foto: CR05
Konferensi pers film Filosofi Kopi yang dibintangi Chico Jerikho dan Rio Dewanto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Film Filosofi Kopi yang diangkat dari buku antologi karya Dewi Dee Lestari telah menyelesaikan proses reading, Rabu (7/1) malam. Sebelumnya kru film garapan sutradara peraih citra Angga Dwimas Sasongko ini juga telah melakukan penjelajahan ke beberapa wilayah untuk melakukan riset.

"Malabar, jadi lokasi hunting pertama Kami, karena tempat ini merupakan kebun penanaman pertama biji kopi di Indonesia," kata Angga pada wartawan di Kuningan Jakarta, Kamis (8/1).

Penanaman pertama benih biji kopi, kata Angga, dilakukan oleh Belanda. Sejak era 1800-an saat Indonesia masih bernama Hindia Belanda.

Pemilihan Malabar juga, lanjut Angga agar para kru serta pemain lainnya betul-betul mendalami bagaimana sejarah awal mula kopi di Indonesia. Proses tersebut sangat membantu agar para kru film memiliki pendekatan historis terkait kopi.

Malabar merupakan sebuah pegunungan yang terdapat di Pulau Jawa. Pegunungan ini terletak di bagian selatan Kabupaten Bandung. Gunung Malabar juga identik dengan perkebunan yang didirikan Bosscha.

Film ini menceritakan sebuah persahabatan antara Ben (Chico Jerikho) dan Jody (Rio Dewanto). Keduanya bekerjasama dalam sebuah kedai ternama di Ibu Kota bernama Filosofi Kopi.

Ben dikenal sebagai barista terbaik di Indonesia. Tokoh lainnya yaitu El diperankan Julie Estelle, ceritanya wanita Prancis ini mampu membawa kedua sahabat itu mengingat kembali masa lalunya yang getir. Film produksi Visinema Pictures ini direncanakan melakukan pengambilan gambar pada akhir pekan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement