Sabtu 20 Dec 2014 13:16 WIB

Mengenal Songket dan Sejarahnya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Songket Palembang
Foto: OLX Palembang
Songket Palembang

REPUBLIKA.CO.ID, Kain tradisional atau wastra traditional Indonesia telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat nusantara sejak zaman prasejarah yang tak hanya menjadi seperangkat sandang dengan nilai fungsional. Kehadirannya telah terbukti menjadi perangkat sosial budaya yang menjadi bagian dari sejarah, penyandang perekonomian masyarakat, pengikat kekerabatan antar suku dan menjadi kebanggaan negeri mewarnai keragaman budaya Indonesia secara utuh.

Ketua Perkumpulan Cita Tenun Indonesia, Okke Hatta Rajasa, berujar kain tenun songket adalah satu artefak dalam budaya yang berperanan sebagai salah satu jatidiri suku bangsa khusus bagi masyarakat Melayu, yang merupakan salah satu etnis terbesar di dunia yang sebarannya mencakup kawasan Asean dan sarat dengan pengaruh ajaran Islam.

 

Khusus di Indonesia, etnis melayu ini tersebar mulai dari Sumatera (Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Timur, Aceh), Kalimantan, Sulawesi, Bali hingga Lombok.

Songket adalah jenis teknik pembuatan kain tenun dengan cara menambahkan hiasan benang emas atau benang perak pada jalinan benang pakan atau benang lungsi dengan cara menyungkit benang-benang tersebut. Teknik menyungkit benang hias tambahan inilah yang kemudian dikenal dengan nama songket.

Penggunaan benang tambahan emas atau perak ini yang berasal dari Cina atau India, pada saat Islam masuk ke Indonesia mempengaruhi ragam hias corak tenun songket di masyarakat pesisir, di mana wilayah tersebut merupakan sebaran masyarakat suku melayu.

"Oleh karena itu tenun songket yang tersebar dengan berbagai corak ragam hias itu sekaligus merupakan artefak budaya di mana pengaruh Islam dapat dilihat dan dipelajari sebarannya," ujarnya.

Di Sumatera Timur, songket memiliki makna sebagai kain tradisi melayu yang diwariskan dari generasi ke generasi selanjutnya oleh para pemangku adat Kesultanan-kesultanan Sumatera Timur (Kesultanan Negeri Langkat, Kesultanan Deli, Kesultanan Negeri Serdang, Kesultanan Negeri Asahan, dan Kesultanan Kualuh) dengan ciri khas daerah setempat. Menurut tradisi, kain songket hanya boleh ditenun oleh anak dara atau gadis remaja; akan tetapi kini kaum lelaki pun turut menenun songket. Beberapa kain songket tradisional Sumatra memiliki pola yang mengandung makna tertentu.

 

Dengan memahami pentingnya dan tingginya arti kain tradisional bagi kebudayaan bangsa yang sangat kaya ragam dan hampir kita jumpai di semua propinsi di tanah air, untuk itulah bersama perkumpulan Cita Tenun Indonesia, sejak tahun 2008, pihaknya berupaya melestarikan kain tradisional, khususnya kain tenun, melalui berbagai program. Mulai dari pemberdayaan perajin, pengembangan ketrampilan perajin, pemasaran dan promosi atas produk yang dihasilkan, hingga pengetahuan terkini, agar kain tenun tradisional dapat terus hadir menjadi bagian dari industri tanah air yang dapat diunggulkan.

"Harapan kami kain-kain tenun tradisional ini tidak hanya menjadi komoditas ekonomi sebagai bagian dari industri tekstil, mode dan interior terkini, tapi turut menjaga kelestarian sejarah budaya melalui nilai yang terkandung di dalamnya yang sekaligus menjadi identitas suku bangsa," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement