Jumat 12 Dec 2014 14:20 WIB

Trik Menggali Ide untuk Menulis

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Menjadi penulis
Foto: Prayogi/Republika
Menjadi penulis

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi sebagain orang mencari ide untuk sebuah tulisan tergolong mudah. Mereka pasalnya tipe penulis yang dengan mudah menemukan ide dari mana saja.

Meskipun bila ide tersebut sebenarnya tergolong lazim. Di sisi lain, banyak orang yang ingin bisa sampai menuangkan ide dalam bentuk tulisan.

Menurut Ketua komunitas Women Script Community yang juga seorang penulis, Deka Amalia, tidak ada ide yang 100 persen asli. Semua adalah hasil olahan dari banyak hal. Ia meminta penulis pemula untuk tidak takut kesulitan menemukan ide.

Sekarang tinggal bagaimana agar ide yang biasa itu bisa jadi sesuatu yang menarik dan berbeda? Agar tulisan bisa menarik untuk dinikmati. Deka Amalia kepada ROL, Jumat (12/12), membagi beberapa tips untuk menemukan ide dan menuangkannya dalam bentuk tulisan.

1. Temukan ide dan olah kembali. Saat kita menemukan ide, coba olah kembali, baru tuangkan dalam tulisan. Caranya pikirkan sisi mana yang mau kita bahas. Pasti ada celah dari ide tersebut yang bisa kita bahas.

2. Modifikasi dengan menambahkan beberapa hal ke dalam tulisan kita. Misalnya dengan menambahkan unsur budaya atau lainnya.

3. Pilih satu unsur kekuatan dalam tulisan kita lalu bahas dengan lebih dalam. Misalnya kalau fiksi, bahas karakter tokohnya. Kalau non fiksi bisa datanya. Atau unsur lainnya yang kita rasa paling menonjol dalam tulisan kita.

4. Cara menggambarkan yang berbeda. Misalnya saat mendeskripsikan sesuatu.

5. Pilihan kata. Kita bisa memilih mana kata yang paling menarik yang bisa menggambarkan hal yang ingin kita tuangkan.

6. Kutipan. Kita bisa menggunakan kutipan dari mana saja yang bisa membuat tulisan kita lebih menarik. Hanya pastikan sebutkan sumber kutipan tersebut.

Deka mengatakan sebenarnya masih banyak upaya lain yang bisa dilakukan untuk mengolah ide jadi tulisan. Katanya, boleh saja melakukan banyak hal sepanjang membuat kita bisa lebih kreatif.

"Yang terpenting banyak membaca. Karena dengan membaca banyak hal yang membuat wawasan kita bertambah dan memperkaya tulisan kita," saran Deka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement