Rabu 10 Dec 2014 18:16 WIB

Enam Jurus Sukses Berbisnis Fesyen

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Busana Muslim
Foto: Prayogi/Republika
Busana Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini banyak orang yang memilih profesi perancang busana. Selain mendesain pakaian, mereka juga menjual pakaiannya dan menjalankan bisnis di bidang fesyen.

Bisnis di bidang fesyen namun tidak bisa berpegangan hanya pada kecintaan akan mode. Perlu banyak cara yang dilakukan agar usahanya bisa bertahan lebih dari satu atau dua tahun.

Dua perancang busana Muslim Tanah Air, yaitu Ria Muranda dan Jenahara, baru-baru ini meluncurkan buku bersama. Judulnya 'Fashion Friendship'.

Dalam buku tersebut keduanya membagi rahasia mereka meraih kesuksesan. Menurut Ria dan Jehan -sapaan akrab Jenahara- kesuksesan sebagai perancang busana dan pebisnis fesyen terletak pada komitmen mereka untuk berusaha, berdoa, dan tidak mudah putus asa.

Ini dia, tips kesuksesan Ria Miranda dan Jenahara dalam berbisnis fesyen.

 

1. Jangan berpikir untuk sukses secara cepat atau instan. Biarkan bisnis tumbuh secara organik dan alami. Nikmati setiap perubahan yang terjadi.

2. Buatlah strategi bisnis agar bisa lebih siap dalam setiap koleksi dan kampanye yang diusung. Sehingga apa yang sudah  diimajinasikan sebagai desainer dapat disampaikan secara utuh kepada pembeli.

3. Bangun mental untuk tidak mudah puas dan tidak mudah terpuruk ketika desain yang sudah dibuat ternyata ditiru oleh pesaing.

4. Selalu mengasah kreativitas dan inovasi dalam diri dengan banyak membaca, menonton, dan bertemu banyak orang sehingga menambah warna pada wawasan dan pengetahuan tentang banyak hal.

5. Yakinkan dalam hati bahwa menjadi desainer fesyen adalah pilihan karier hidup, yang tidak hanya soal pekerjaan dan keuntungan tapi juga ada makna dan nilai yang harus dijaga agar lebih bermanfaat untuk orang lain.

6. Jujur dengan diri dan minat sendiri. Jangan ragu untuk menunjukkan sisi unik dan berbeda dari diri. Justru keunikan itulah yang akan membentuk karakter fesyen tiap desainer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement