Rabu 03 Dec 2014 15:10 WIB

Tips Atasi Tumit Hitam (4-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Kentang
Kentang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa orang mempunyai masalah tumit hitam atau coklat. Ada banyak alasan penyebabnya. 

Kulit di pergelangan kaki misalnya yang menjadi gelap karena gesekan konstan dengan dengan nsepatu. Ini biasanya terjadi pada anak-anak dan orang tua. 

Masalah lain yang mungkin pernah Anda hadapi adalah area pergelangan kaki yang terlihat lebih gelap karena terlalu banyak duduk bersila langsung ke lantai atau kondisi kesehatan tertentu.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut tips efektifnya, dilansir dari My Health Today

14. Bubuk cendana

Ambil 1-2 sendok makan bubuk cendana dan campurkan dengan air mawar. Campurkan hingga menjadi pasta halus. Oleskan pasta ini pada pergelangan kaki Anda yang gelap, lalu biarkan hingga kering. Sekarang, cuci dengan air dingin dan ulangi langkah ini selama 10 hari untuk mengubah kulit gelap menjadi cerah lagi.

15. Kentang

Kentang memiliki sifat asam ringan dan agen pemutih alami. Potong kentang menjadi irisan tipis dan tempatkan di pergelangan kaki gelap Anda. Diamkan selama beberapa menit. 

Anda juga mengekstrak jus kentang, kemudian tempatkan di daerah yang gelap sampai kering. Ulangi setiap hari sampai kulit Anda cerah.

16. Mentimun

Buatlah jus mentimun segar dan tempatkan di daerah kaki gelap Anda lalu diamkan selama beberapa menit. Anda bisa menambahkan sejumput bubuk kunyit atau beberapa tetes jus lemon segar untuk mendapatkan hasil lebih efektif. Setelah selesai, bilas dengan air bersih.

17. Hidrogen peroksida

Celupkan kapas bola bersih di hidrogen peroksida dan oleskan ke pergelangan kaki gelap Anda. Biarkan hingga kapas itu kering di pergelangan kaki Anda. Ulangi dua kali sehari untuk melihat hasil yang cepat.

18. Pasta alami

Siapkan pasta alami dengan mencampurkan tepung beras, kerang kenari, dadih, jus lemon, dan susu. Buat menjadi pasta kental, biarkan campuran itu mengental dan oleskan ke kaki Anda. Setelah kering, cuci pasta tersebut. Ulangi setiap hari selama sepekan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement