Rabu 03 Dec 2014 15:08 WIB

Tips Atasi Tumit Hitam (3)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Garam
Foto: blogspot.com
Garam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa orang mempunyai masalah tumit hitam atau coklat. Ada banyak alasan penyebabnya. 

Kulit di pergelangan kaki misalnya yang menjadi gelap karena gesekan konstan dengan dengan nsepatu. Ini biasanya terjadi pada anak-anak dan orang tua. 

Masalah lain yang mungkin pernah Anda hadapi adalah area pergelangan kaki yang terlihat lebih gelap karena terlalu banyak duduk bersila langsung ke lantai atau kondisi kesehatan tertentu.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut tips efektifnya, dilansir dari My Health Today.  

9. Susu

Susu merupakan bahan alami dengan kandungan vitamin dan asam lemak yang mampu mengurangi warna gelap pada kulit. 

Tambahkan satu sendok makan tepung beras ke dalam 2-3 sendok makan susu segar. Aduk rata dan kemudian tambahkan satu sendok makan cued untuk menjadi pasta halus. Oleskan itu semua pada pergelangan kaki gelap Anda, lalu pijat lembut 10-15 menit. Bilas dengan air dan ulangi setiap hari selama 10 hari.

10. Garam dan sampo

Dalam setengah ember air hangat, tambahkan 1-2 sendok makan garam dan tiga sendok makan sampo. Campurkan dengan baik dalam air. Rendam pergelangan kaki Anda selama 15-20 menit. Sekarang, gosok daerah kaki yang gelap dengan batu apung selama lima menit. Lakukan secara teratur setiap hari.

11. Minyak jarak

Oleskan minyak jarak di pergelangan kaki gelap Anda sebelum tidur. Pijat dengan benar selama 10 menit dan pakai kaus kaki menutupi setelahnya. Cucilah keesokan paginya dan Anda akan melihat hasilnya jika melakukan secara teratur.

12. Tepung beras dan cuka

Tambahkan tiga sendok makan cuka dan dua sendok makan tepung beras. Tambahkan satu sendok makan dadih untuk campuran ini sampai membentuk pasta. Oleskan pasta ini ke pergelangan kaki gelap, lalu gosok selama 10 menit. Cuci dengan air hangat dan ulangi langkah ini selama 10 hari untuk mendapatkan hasil nyata.

13. Kulit jeruk

Kulit jeruk sangat efektif mencerahkan kulit dan dapat digunakan untuk mengurangi pergelangan kaki yang gelap. 

Keringkan kulit jeruk di bawah matahari selama beberapa hari. Grind kulit jeruk menjadi bubuk kasar. Tambahkan 2-3 sendok makan susu dan satu sendok makan air mawar ke dalam bubuk kulit jeruk ini. Oleskan pasta ini ke kaki Anda selama 20 menit, kemudian bilas dengan air dingin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement