Jumat 28 Nov 2014 17:07 WIB

Ingin Menjadi Penulis? Ini Dia Tipsnya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Menulis bisa menjadi kegiatan yang dilakukan ibu rumah tangga untuk mendapat tambahan penghasilan.
Foto: Prayogi/Republika
Menulis bisa menjadi kegiatan yang dilakukan ibu rumah tangga untuk mendapat tambahan penghasilan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda ingin menjadi penulis? Namun selama ini Anda mengalami banyak kendala sehingga tidak sempat mewujudkan keinginan tersebut? Perhatikan tips berikut, Anda akan mengerti bagaimana cara memulainya.

Ketua Women Script Community yang juga penulis beberapa buku, Deka Amalia mengatakan banyak orang ingin bisa menulis tetapi banyak juga yang ragu untuk memulai. Biasanya mereka merasa tidak punya bakat, tidak ada waktu dan tidak tahu memulai dari mana.

"Padahal menulis adalah keterampilan yang bisa dipelajari," ujarnya kepada Republika Online, Jumat (28/11).

Lalu bagaimana cara untuk memulainya? Pertama kali hal yang dilakukan adalah melawan keraguan untuk memulai menulis. Jangan pernah menunda-nunda, jangan biarkan keinginan hanya tinggal keinginan.

Langkah kedua adalah Anda diwajibkan untuk banyak membaca. Karena dari apa yang dibaca adalah memberikan pengetahuan dan pembelajaran. Ketika sudah membaca, hal selanjutnya adalah Anda harus memulai menulis apa saja. Apapun yang ada di kepala Anda. Sebagai awalan, mungkin Anda bisa memulainya dengan menulis di blog pribadi.

Kemudian, untuk semakin menumbuhkan semangat dalam menulis, Anda bisa ikut ke dalam komunitas menulis yang akan menumbuhkan motivasi. Berada di lingkungan yang sesuai dengan minat juga sangat membantu. Melatih kemampuan dalam menulis, penting bagi Anda mengikuti pelatihan untuk semakin mengasah keterampilan. Jangan ragu untuk mengikuti proyek buku terbit yang seringkali diadakan oleh komunitas.

Anda pun harus berani untuk mengirimkan naskah yang Anda buat sendiri ke media. Coba lah peruntungan disana. Hingga akhirnya proses selalu terjadi pada diri Anda.

"Menulis dan menulis. Proses itu akan membuat kita makin terampil," ujar Deka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement