Selasa 25 Nov 2014 09:46 WIB

Kesalahan Ini Kerap Terjadi Saat Mandi (1)

Loofah untuk mandi harus rajin dibersihkan demi menghindari bakteri yang menumpuk.
Foto: commons wikimedia
Loofah untuk mandi harus rajin dibersihkan demi menghindari bakteri yang menumpuk.

REPUBLIKA.CO.ID, Mandi merupakan aktivitas rutin yang dilakukan tanpa banyak berpikir. Anda masuk ke kamar mandi, lalu memulai rutinitas mandi. Tanpa disadari ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat mandi.

Kesalahan ini mungkin sepele, tapi mandi bertujuan untuk menjaga kebersihan tubuh. Seperti dikutip dari laman Womansday, Selasa (25/11), ini dia beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat ini. Menghindarinya tentu akan membuat tubuh lebih bugar dan bersih usai mandi.

1. Tidak mengganti loofah atau waslap

Keduanya merupakan lahan empuk bagi bakteri untuk berkembang biak. Sebaiknya waslap hanya dipakai tiga hingga empat kali sebelum dicuci. Supaya pasti waslap benar-benar bersih, cuci dengan air panas. Cara ini juga akan menghindari bau apek dari tumpukan sabun dan minyak tubuh. Loofah atau puf mandi juga harus dicuci tiap tiga hingga empat pekan sekali.

2. Menggosok tubuh tiap hari

Anda mungkin menggosok tubuh tiap hari adalah cara terbaik membuang kotoran dan minyak. Sebenarnya tidak. Terlalu banyak menggosok kulit justru membuat kulit jadi lebih berminyak, hingga menangkap lebih banyak kotoran dan bakteri di tubuh. Sebaiknya lakukan penggosokan tubuh secara lembut beberapa hari sekali. Yang paling baik sebenarnya dilakukan sekali sepekan dan saat mandi sore sepulang kerja.

3. Mencuci rambut tanpa menyisirnya

Untuk menghindari rambut rontok, sisir rambut terlebih dahulu sebelum mandi. Cara ini akan membantu rambut kusut dan akhirnya rusak. Jika rambut Anda mudah kusut, gunakan sisir dengan gigi lebar setelah rambut dikeramas dan diberi kondisioner. Tujuannya supaya rambut lembut bebas kusut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement