Sabtu 15 Nov 2014 15:43 WIB

Panduan Ciamik Memilih Warna Rambut

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Pewarna Rambut Loreal
Pewarna Rambut Loreal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak perempuan yang gemar mewarnai rambutnya. Tapi berhati-hatilah, tak semua warna rambut cocok untuk Anda. Ditambah lagi, memakai pewarna rambut itu tidak mudah. Salah-salah pakai, bisa membuat rambut Anda rusak.

L’Oréal Paris memperkenalkan hair colorantology, sebuah panduan memilih warna rambut sesuai dengan karakter dan kepribadian. Hair colorantology terdiri dari lima langkah mudah, yaitu know your color, match your color, transformation, the excellence you dan color care. 

Color & Image Consultant, Irma Hardisurya, menjelaskan warna merupakan katalis yang dapat mengekspresikan perasaan ataupun suasana hati seseorang. Dalam ilmu psikologi, warna digunakan sebagai salah satu langkah untuk melihat karakter seseorang.

"Dengan memilih warna, apakah untuk fashion, makeup terutama rambut, yang sesuai dengan karakter dan kepribadiannya, penampilan seorang wanita bisa terlihat lebih menawan," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika, Sabtu (15/11).

Di tahap pertama dari  hair colorantology ada  know your color, yaitu mengenalkan cara mengetahui warna rambut yang tepat dengan mencari tahu apa warna undertone kulit, yang bisa diamati melalui warna mata ataupun urat nadi. Dengan melakukan tes ini, dapat ditentukan apakah seseorang termasuk dalam kelompok warm, neutral ataupun cool.

Setelah mengetahui warna undertone masing-masing, kita juga perlu mengetahui karakter diri berdasarkan warna kesukaan, usia, aktivitas, pekerjaan dan lainnya. Menurutnya, setiap warna merepresentasikan karakter yang berbeda, misalnya ungu yang menyiratkan sisi karismatik.

"Jika Anda ingin terlihat sebagai seorang visioner yang kreatif, Anda bisa memilih warna ini sebagai bagian dari penampilan. Namun, pilihlah warna ungu yang sesuai dengan warna undertone kulit," ujarnya.

Hair Stylist & Colorist berpengalaman, Johny Mallato, mengatakan untuk mendapatkan tampilan yang maksimal, di tahap selanjutnya yaitu match your color, yang perlu diperhatikan adalah melakukan pewarnaan rambut menggunakan produk yang tepat, dimulai dengan menentukan warna yang sesuai, berdasarkan tes yang telah dilakukan di tahap sebelumnya. Ia menambahkan kunci dari penampilan rambut berwarna yang menawan adalah warna yang terlihat nyata, berkilau dan juga terlihat sehat.

Karenanya, di tahap ketiga, yaitu transformation, dimana proses pewarnaan dilakukan, Johny memberikan sejumlah tips. Yaitu, perhatikan setiap langkah dan saran penggunaan yang tertera di kemasan produk.

"Khusus bagi rambut yang belum pernah atau sudah lebih dari tiga bulan diwarnai, pastikan rambut dalam keadaan kering atau tidak dicuci sebelum pewarnaan," tambahnya.

Memasuki tahap the excellence you, L'Oréal Paris mengajak para wanita untuk menunjang tampilan warna rambut barunya dengan warna riasan dan pakaian yang sesuai. Tampil dengan warna rambut yang sesuai dengan karakter dan kepribadian bisa menjadikan seorang wanita lebih percaya diri dan terlihat berbeda. Terlebih lagi jika ditunjang dengan warna riasan dan pakaian yang juga sesuai, kecantikan mereka tentu akan semakin terpancar.

Langkah penting terakhir yang harus selalu diingat oleh para wanita adalah  color care, yaitu melakukan perawatan intensif dengan produk khusus untuk rambut berwarna. Setelah pewarnaan, agar warna lebih tahan lama dan rambut tetap terjaga kesehatannya, gunakan  shampoo, conditioner, dan masker khusus rambut berwarna dengan kandungan nutrisi yang diperlukan oleh rambut.

"Gunakan masker setidaknya dua minggu sekali serta hair oil pada saat penataan untuk perlindungan maksimal," saran Johny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement