Jumat 14 Nov 2014 10:04 WIB

Ini Dia Manfaat Baik Punya Hewan Peliharaan (2)

Anjing salah satu hewan peliharaan
Anjing salah satu hewan peliharaan

REPUBLIKA.CO.ID, Memiliki hewan peliharaan ternyata bisa membantu meningkatkan kualitas hidup manusia. Seperti dikutip dari Huffington Post, Jumat (14/11), hewan peliharaan bisa menaikkan rasa percaya diri manusia. Sekaligus mengurangi perasaan negatif yang dimiliki diri.

Berikut beberapa cara hewan peliharaan bisa bermanfaat banyak bagi pemiliknya. Cara-cara ini juga sudah dibuktikan melalui penelitian ilmiah.

4. Mengurangi rasa kesepian

Selain meningkatkan rasa percaya diri, hewan peliharaan bisa mengurangi kadar kesepian yang dirasakan manusia. Studi menemukan orang dengan peliharaan anjing dilaporkan terpenuhi kebutuhan sosialnya, memiliki anjing dipandang seefektif memiliki teman. Penelitian menunjukkan anjing memberikan pemiliknya rasa percaya diri yang cukup kuat, termasuk rasa memiliki, dan perasaan berarti yang dalam.

Sebaliknya, manusia tampaknya tidak bergantung pada hewan peliharaannya lebih banyak ketika interaksinya dengan sesama manusia sedang kurang. Manusia agaknya tidak cuma berpaling kepada hewan peliharaan untuk punya teman. Manusia cenderung menikmati keberadaan hewan peliharaan sebagai tambahan dari teman manusia mereka.

5. Merasa didukung

Studi juga menunjukkan pemilik hewan peliharaan merasa menerima dukungan dari hewan kesayangannya seperti mendapatkan dukungan dari keluarga. Pemilik hewan peliharaan dilaporkan merasakan kedekatan dengan peliharaannya ketika mereka juga merasa dekat dengan orang-orang penting dalam hidup mereka.

6. Bantu jaga pola hidup sehat

Sangat susah untuk terduduk di sofa seharian dan menonton TV ketika anjinng atau kucing meminta perhatian. Studi menunjukkan pemilik hewan peliharaan lebih sehat dan aktif dibanding yang tidak punya peliharaan.

Entah itu menggeret-geret mainan keliling rumah untuk sang kucing atau mengajak anjing jalan-jalan, Anda akan berolahraga. Berjalan atau berlari bersama hewan sangat baik bagi kesehatan dan mood.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement