Selasa 11 Nov 2014 16:14 WIB
Kesehatan

Benjolan di Kepala yang Makin Besar

.
Foto: Prayogi/Republika
.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok,saya ibu rumah tangga usia 36 tahun. Saya memiliki benjolan di kepala sebelah kiri, 3 jari di atas telinga. Benjolan tersebut tadinya berukuran kecil seperti kelereng, namun saya abaikan dan setelah 2 tahun ukurannya bertambah besar. Diameternya kini 3 cm dan keras.

Apa penyakit saya ini, dok? Dan, apa yang harus saya lakukan? Apa perlu saya lakukan CT Scan ya, dok? Terima kasih.

Camay, Makassar

Jawaban :

Setiap benjolan abnormal di tubuh kita dapat disebut tumor. Tumor ada 2 (dua) jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas (kanker). Benjolan atau tumor di daerah atas telinga bisa berasal dari kulit, jaringan di bawah kulit (seperti tumor lemak, pembesaran kelenjar, dan lain-lain).

Benjolan juga dapat berasal dari tulang kepala (dan itu sangat jarang). Biasanya benjolan yang berasal dari tulang teraba keras dan melekat erat pada tulang sehingga tidak dapat digerakkan dari dasarnya. Sedangkan tumor yang berasal dari kulit dan sekitarnya, bila dipegang lebih lunak atau kenyal dan dapat bergerak dari dasarnya.

Bila melihat pertumbuhan tumor yang lambat seperti suatu tumor jinak atau mungkin hanya suatu pembesaran kelenjar saja. Sebelum Ibu melakukan pemeriksaan penunjang canggih seperti CT Scan dan sebaganya, saran saya Ibu konsultasi dulu dengan dokter. Dokter yang akan menentukan asal dari benjolan tersebut. Serta melakukan dan memberikan pilihan yang terbaik untuk Ibu.

Terima kasih.

dr Wita Sukmara, SpB

Spesialis Bedah di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement