REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penelitian di Australia menemukan bahwa satu dari enam kasus depresi di lingkungan kerja berasal dari stres kerja. Satu dari lima karyawan wanita dan satu dari delapan karyawan pria pasti pernah mengalami stres kerja.
Di Amerika, stres kerja membuat beban hidup dua kali lipat lebih berat. Bahkan Departemen Kesehatan melaporkan bahwa 70 persen keluhan fisik dan mental di tempat kerja terkait dengan stres.
ROLers, berikut adalah 12 teknik yang bisa membantu Anda mengelola stres di tempat kerja, dilansir dari Belifnet, Selasa (4/11).
4. Buat jadwal dan komitmen
Ya, banyak karyawan yang memiliki sifat obsesif kompulsif dan bisa menyebabkan stres. Anda harus mengontrol daya kerja Anda dengan membuat jadwal dan target penugasan. Misalnya, jika Anda mendapatkan lima tugas selama sepekan, maka mulailah susun tenggat waktu. Memang, ada saja yang tidak berjalan lancar, namun setidaknya stres Anda akan berkurang lebih banyak.
5. Perbaiki atmosfer kerja
Anda mungkin perlu jendela atau pencahayaan supaya beban stres berkurang di kantor. Jika perlu, tempatkan tanaman bagus di ruang kerja Anda. Anda juga bisa menggantung atau memajang foto pribadi bersama orang-orang tersayang untuk mengurangi kesedihan. Jagalah meja kerja tetap bersih supaya Anda merasa kurang kewalahan.
6. Beraktivitas di luar jam kerja
Jika Anda sudah terbebas dari jam kerja, maka Anda harus melakukan berbagai aktivitas yang memanjakan diri Anda. Dengan demikian, antara karier dengan kehidupan pribadi Anda berjalan berimbang.