Kamis 16 Oct 2014 20:53 WIB

Indonesia Perlu Tiru Produktivitas Film Korea Selatan

Rep: CR 06/ Red: Hazliansyah
Rol Film
Foto: ingeyukiko.blogspot.com
Rol Film

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perkembangan film di Korea Selatan sangat pesat. Dalam dua tahun terakhir, beberapa film Korea telah masuk level internasional. 

"Perkembangan film Korea pesat dan maju sekali. Beberapa film sudah bisa disejajarkan dengan Hollywood, masuk ajang penghargaan internasional," ujar Ketua Program Korea Indonesia Film Festival 2014 Enrico Fermi di Grand Indonesia Jakarta, Kamis (16/10). 

Begitu juga di Indonesia. Enrico mengatakan, tren film Korea di Indonesia sangat bagus dari tahun ke tahun. Hal itu sudah sepatutnya bisa diikuti industri perfilman Indonesia. 

"Bukan meniru atau menjiplak cerita, tapi Indonesia perlu mencontoh usaha Korea bagaimana proses, cara mereka membuat film, menulis cerita film, keseriusan dan metode-metode bagus lain yang mereka lakukan," ujarnya.

Untuk memajukan perfilman tanah air tak hanya menjadi pekerjaan rumah bagi para produser, tetapi juga pemerintah. 

"Dukungan pemerintah sangat penting sekali. Misalnya akses menggunakan fasilitas negara untuk perfilman jadi lebih banyak dan mudah. Banyak cara sebetulnya yang bisa dilakukan lebih optimal oleh pemerintah misalnya dengan memberi subsidi dan lainnya," katanya menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement