Rabu 08 Oct 2014 07:42 WIB
Tips Menulis Novel

Ide Bisa Datang dari Mana Saja

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: Hazliansyah
Menulis (ilustrasi).
Foto: serc.carleton.edu
Menulis (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,  UBUD -- Kehabisan ide  merupakan keluhan yang sering dilontarkan mereka yang ingin mencicipi dunia tulis-menulis. Padahal ide adalah modal dasar membangun sebuah konstruksi cerita. 

Penulis novel dari Australia, AJ Betts mengatakan ide seharusnya bisa datang dari mana, apapun yang tertangkap oleh indera. Tugas penulis adalah mencoba mengembangkan tangkapan tersebut dengan bantuan imajinasi. 

"Sebuah cerita perlu plot, tempat dan konflik. Semua itu bisa lahir dari sebuah ide," katanya saat mengisi salah satu sesi di Ubud Writers and Readers Festival 2014 pekan lalu.

Ia mencontohkan, dimana banyak cerita bisa tercipta dari sebuah penampakan kue muffin. Penulis boleh-boleh saja membuat muffin tersebut ternyata alien yang tersesat di dunia. Selama unsur-unsur membangun cerita terpenuhi, maka obyek apapun seharusnya bisa dikembangkan menjadi cerita utuh.

AJ Betts merupakan penulis kelahiran Queensland, Australia. Ia pertama kali menerbitkan buku kumpulan puisi ketika berumur 12 tahun. Salah satu bukunya, Zac & Mia memenangkan pebghargaan Text Prize tahun 2012. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement