Selasa 07 Oct 2014 14:41 WIB

Menciptakan Rumah Bebas Stres (1)

Rumah yang bebas stres akan menjadi tempat tinggal terbaik bagi pemiliknya.
Foto: Reuters
Rumah yang bebas stres akan menjadi tempat tinggal terbaik bagi pemiliknya.

REPUBLIKA.CO.ID, Rumah seharusnya menjadi tempat yang paling baik untuk menghilangkan stres atau kejenuhan. Hidup bebas stres bukan tentang berada di rumah yang dekornya cantik atau menghabiskan banyak uang untuk membuat rumah kelihatan indah seperti di katalog furnitur.

Ada banyak cara untuk menciptakan rumah yang nyaman. Dan, cara-cara ini tak selalu membutuhkan banyak uang. Berikut seperti dikutip dari Wholeliving.com.

1. Menciptakan zona bahagia

Apakah itu seluruh ruangan, pojokan, atau hanya kursi, ciptakan satu titik di rumah sebagai tempat Anda bisa menenangkan diri secara pribadi kemudian menemukan kedamaian dan kebahagiaan. Setiap orang di rumah harus tahu kalau Anda sedang berada di tempat itu, Anda tak bisa diganggu.

Lalu, buat satu area seperti di meja atau sudut, untuk meletakkan barang-barang yang kurang menarik. Seperti tagihan, kertas-kertas dokumen, daftar belanjaan. Ini adalah pojok untuk hal-hal yang kerap menimbulkan perasaan stres.

2. Rapikan tempat tidur setiap hari

Tempat tidur yang rapi merupakan refleksi dari apa yang ada dalam pikiran. Tak perlu tempat tidur yang sangat rapi seperti di hotel atau rumah sakit. Luangkan saja beberapa menit untuk merapikan seprei hingga enak dilihat.

3. Biarkan sinar alami jadi alarm pagi

Tukar korden tebal yang membuat sinar tidak bisa menembus dengan korden yang agak transparan. Cara ini akan menjadi pembangun pagi yang lembut.

Ketika alarm jam menyala, tubuh sebenarnya menciptakan pertahanan terhadap bunyi alarm. Itu menciptakan stres. Sedang matahari pagi adalah pembangun alami tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement