Kamis 25 Sep 2014 10:00 WIB
Kesehatan

Sering Merokok, Batuk Tiga Bulan

Ilustrasi batuk
Foto: Musiron / Republika
Ilustrasi batuk

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya sakit batuk, kadang bersin. Ini sudah terjadi dari bulan Juli.

Rasanya di dada agak perih kalo batuk ada keluar sedikit seperti jeli, kalo bersin di dinding mulut keluar juga seperti jeli, bernapas sesak dan bunyi di dada.

Sebelumnya saya sering merokok di kamar yg tertutup rapat. Saya sudah coba obat bebas yang di apotek dan dalam proses pengobatan saya masih merokok.

Bagaimana solusinya, dok?

Terima kasih.

Choirul Anam (22 tahun)

Jawaban:

‎Salam Choirul Anam, terkait dengan pertanyaannya, gejala batuk yang dirasakan sejak bulan Juli sampai saat ini, artinya sudah cukup lama. Itu menandakan ada infeksi di organ pernapasan, mulai dari saluran napas sampai paru.

Sebaiknya jika batuk sudah 2 minggu atau lebih dan tidak sembuh setelah minum obat, harus dilakukan pemeriksaan dahak maupun foto rontgen dada agar terdeteksi jenis infeksinya. Apakah infeksi bakteri atau infeksi kuman TB agar pengobatannya tepat.

Jadi obat batuk bebas yang sudah diminum hanya membantu mengatasi gejala sementara, jika bakteri atau kumannya belum mati karena belum mendapat obat yang tepat, gejala batuk tidak akan hilang dan penyakitnya belum sembuh.

Terkait dengan kebiasaan merokok, baik di ruang terbuka maupun tertutup rapat tetap berdampak buruk terhadap kesehatan secara keseluruhan, terlebih pada organ pernapasan. Sangat disarankan untuk kebaikan dan kesehatan diri agar berhenti merokok mulai sekarang dan melakukan aktivitas sehat lain seperti berolahraga.

Sebaiknya periksakan diri ke dokter spesialis paru agar tepat penatalaksanaanya. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat dipahami dan bermanfaat.

Selamat menjalankan pemeriksaan dan pengobatan, jangan sampai terlambat. Khawatir penyakitnya meluas dan Anda masih muda, masa depan masih panjang. Salam sehat.

dr. Zubaedah, Sp.P, MARS

Spesialis Kesehatan Paru-Paru di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement