Selasa 23 Sep 2014 00:05 WIB

Konser Akordion Pertama di Dunia Digelar di Indonesia

Rep: c 85/ Red: Indah Wulandari
Akordion
Akordion

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Pusat kebudayaan Belanda, Erasmus Huis menggelar konser tunggal instrumen akordion. Konser ini disebut-sebut sebagai yang pertama digelar di dunia.

Beberapa komposer dari Belanda terlibat dalam pagelaran yang disuguhkan untuk umum dan gratis ini. "Kami ingin menyuguhkan sebuah konser kelas dunia di Indonesia," ujar penyelenggara konser Peter van Zeeland kepada Republika, Senin (22/9).

Komposer Belanda Gerard Beljon membuat sebuah komposisi khusus untuk pemain akordeon Pieternel Berkers yang juga akan membawakan karya komposer Belanda Jacob Ter Veldhuis  dan Chiel Meijering.

Musik Gerard Beljon yang mengalun terdengar jernih dan penuh emosi seperti  komposisi abad pertengahan, Renaissance, dan era Baroque. Dia menggabungkan teknik komposisi musik kontemporer dengan pemakaian sampling, seperti yang terdengar pada musik pop.

Sebagian besar komposisinya dibuat untuk ansambel dan penampilan tunggal karena pengaruh pengalamannya menulis untuk musik teater. Karyanya pun  telah ditampilkan di Belanda, maupun di Jerman, Austria, Amerika Serikat, Rusia dan Australia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement