Selasa 09 Sep 2014 09:46 WIB

Jerawat di Bagian Kelamin

.
Foto: Prayogi/Republika
.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya memiliki benjolan bentuknya mirip seperti jerawat atau bisul. Ukurannya semakin membesar, dok. Saya takutnya itu adalah kutil kelamin. Namun, saya belum pernah melakukan hubungan seks sama sekali.

Mhon informasinya, dok. Terima kasih.

Ningsih (22 tahun)

Jawaban :

Dear Ningsih, adanya benjolan di daerah kelamin dapat disebabkan banyak hal tidak melulu adalah kutil kelamin. Bisa jadi merupakan infeksi atau peradangan akibat gesekan, baik dengan menggaruk maupun akibat bergesekan dengan bahan pakaian yang digunakan.

Bisa juga merupakan bentuk dari alergi, atau dapat pula merupakan kondisi lain jamur kulit yang disebabkan karena lokasi tersebut memang lembab. Sebaiknya, lakukan perbaikan kondisi seperti jangan menggaruk daerah vagina, bilas secara bersih pasca BAK, keringkan, serta ganti celana dalam.

Bukan tidak mungkin pula hal itu merupakan kista kulit. Berkaitan dengan penanganan lebih lanjut, informasi yang ada terbilang minimal, perlu didalami apakah hal ini sudah berlangsung lama, bagaimana kondisinya? Keras atau kenyal? Warna dan bentuknya seperti apa? Oleh karena itu perlu dilakukan observasi langsung ke dokter spesialis kulit.

Semoga menjelaskan dan segera dapat ditangani, terima kasih.

dr Agung Pranoto, SpKK

Spesialis Kulit dan Kelamin di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement