Jumat 14 Dec 2018 06:00 WIB

Mudah Hilangkan Kutil dengan Bahan Alami

Enzim dalam kulit pisang yang berguna meremajakan kulit ternyata bisa hilangkan kutil

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kutil
Foto: Megabored
Kutil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski jarang sekali membahayakan, kehadiran kutil dibagian kulit tertentu pastinya akan sangat mengganggu. Jika muncul di area tubuh yang paling sering terlihat seperti wajah, kutil bisa membuat orang menjadi kurang percaya diri.

Operasi atau berkonsultasi ke dermatolog adalah solusi yang paling cepat untuk menghilangkan kutil. Tindakan medis itu pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun itu bukan satu-satunya cara mengatasi kutil.  

Kutil ternyata bisa dihilangkan dengan cara rumahan. Selain mudah, cara rumahan ini dijamin murah dan aman dari risiko kegagalan tindakan medis karena hanya membutuhkan bahan-bahan alami untuk mengatasinya.

Lidah Buaya

Mengandung asam malic, Aloe Vera atau lidah buaya merupakan bahan yang efektif untuk menghilangkan kutil. Tanaman berwarna hijau ini kaya akan antibiotik alami yang banyak dipakai untuk mendapatkan manfaat kecantikan. 

Cara memanfaatkan lidah buaya untuk mengatasi kutil pun sangat sederhana. Potong dan kupas satu tangkai lidah buaya, lalu sisihkan bagian gel. Aplikasikan gel ke area yang terdapat kutil dan tunggu hingga kering. Setelah kering, kutil siap dikelupaskan. 

Bakpuder

Bakpuder atau yang lebih dikenal sebagai baking powder memiliki banyak manfaat di dunia kecantikan, salah satunya mengangkat kutil. Buatlah adonan pasta dari bakpuder dan minyak castor. Pastikan adonan pasta cukup kental untuk melapisi kutil. Aplikasikan pasta di atas kutil dan bungkus semalaman. Ini cukup efektif untuk mengangkatkan secara perlahan.

Cuka sari apel

Cuka sari apel dikenal ampuh dapat membakar secara alami jaringan dan sel kulit mati. Kandungan asam asetat di dalam cuka sari apel efektif menghancurkan jaringam dindalam kutil dan secara bertahap menghilangkannya. Rendamlah kain katun di dalam cuka dan tempatkan di atas kutil. Lipat kain katun yang sudah direndam cuka dan balutkan semalaman. 

Kulit pisang

Setelah menikmati buah pisang, jangan langsung membuang kulitnya. Enzim yang terdapat pada kulit pisang diketahui ampuh menyembuhkan dan meremajakan kulit. Cara memanfaatkan kulit pisang ini juga mudah, cukup usapkan kulit pisang di atas kutil. Rutin lakukan setiap hari hingga lama kelamaan kutil menghilang dengan sendirinya.

Bawang putih

Tidak ada yang menyangkal bahwa salah satu bumbu dapur ini bisa membuat masakan menjadi lezat. Namun selain itu, bawang putih juga efektif menyembuhkan kutil. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat membunuh mikroba dan kuman penyebab infeksi. 

Untuk memanfaatkan bawang putih mengatasi kutil, caranya sangat mudah. Kupas dan hancurkan beberapa siung bawang putih. Setelah itu oleskan bawang putih halus ke atas kutil. Sebagai alternatif, bawang putih juga bisa dikonsumsi, disiarkan oleh Femina In.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement