Rabu 03 Sep 2014 14:08 WIB

Anak Haid Tidak Teratur

Menghitung tanggal menstruasi. Ilustrasi
Foto: .
Menghitung tanggal menstruasi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, anak saya saat ini kelas 5 SD. Usianya 10 tahun dan sudah menstruasi. Tetapi tampaknya siklus yang dialaminya terbilang berbeda. Karena kerap datang tidak teratur, bahkan terbilang agak sering.

Mohon dijelaskan dok, apakah ini ada indikasi kesehatan tertentu?

Rila (33 tahun)

Jakarta

Jawaban:

Dear Ibu Rila, terkait atas apa yang dipertanyakan, maka menstruasi pertama kali dialami seorang perempuan umumnya pada usia 11 - 14 tahun. Tapi dapat juga antara 9 - 15 tahun.

Siklus menstruasi yang normal adalah 28+/- 7hari, dengan lama perdarahan rata rata 4 plus 3 hari. Jumlah darah kurang lebih 30 cc, hingga bisa mencapai kurang lebih 80 cc.

Haid yang tidak normal dapat berupa gangguan pada siklusnya, misalnya kurang dari 21 hari atau jumlah darah yang terlampau banyak atau sedikit, atau lama perdarahan yang yang terganggu.

Gangguan haid ini dapat disebabkan oleh penyakit di daerah panggul atau di sistem tubuh lainnya atau karena faktor kehamilan. Bila tidak dijumpai kelainan, kemungkinan karena gangguan hormonal yang dikenal dengan perdarahan uterus disfungsional.

Jenis gangguan haid karena hormonal ini yang paling sering dijumpai. Dua puluh persen gangguan haid hormonal dijumpai pada usia puber, dan 95 persen gangguan haid pada perempuan puber karena faktor hormonal.

Bila hasil pemeriksaan fisik dan laboratorium menunjukan gangguan haid karena hormonal, dan belum terjadi anemi (Hb >= 10 mg/ dL) pengobatan cukup pemberian vitamin zat besi, tetapi bila telah terjadi anemi, maka perlu pengobatan dari dokter untuk mengatur siklus haidnya.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

dr S Chandra, SpOG, DMAS

Spesialis Kebidanan & Kandungan di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement