Senin 25 Aug 2014 11:23 WIB

Richard Attenborough Wafat pada Usia 90 Tahun

Richard Attenborough.
Foto: AP
Richard Attenborough.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sutradara dan aktor legendaris asal Inggris Richard Attenborough meninggal dunia Ahad (24/8). Pria yang pernah berperan dalam film "Jurrasic Park" ini wafat pada usia 90 tahun.

Kabar mengenai kepergian Attenborough dikonfirmasi anaknya kepada kantor berita Associated Press. Keluarga kemungkinan memberikan pernyataan resmi dan lengkap mengenai kematian Attenborough pada Senin (25/8).

Selain "Jurassic Park", Attenborough dikenal luas melalui perannya di film "The Great Escape", "Brighton Rock", dan "Miracle on 34th Street". Sebagai sutradara, ia pernah mendapat piala Oscar dari film garapannya "Gandhi" pada 1983.

Pria yang mendapat gelar ksatria (Lord) dari kerajaan Inggris ini juga mengoleksi empat penghargaan BAFTA dan empat Golden Globes.

Perdana Menteri Inggris David Cameron menyebut Attenborough sebagai salah satu sosok besar di dunia film. Melalui akun twitter, Cameron memuji karyanya.

"Aktingnya di Brighton Rock sangan brilian, penyutradaraannya di "Gandhi" menyengat - Richard Attenborough salah satu sosok besar di dunia sinema," tulis Cameron, Senin (25/8).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement