Kamis 14 Aug 2014 19:00 WIB

10 Pekerjaan Paling Dibutuhkan pada 2030 (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: M Akbar
petani aquaponic
Foto: www.aquaticquotient.com
petani aquaponic

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pekerjaan Anda bisa saja tampak nomal saat ini. Namun, dalam 15 tahun ke depan, mungkin saja pekerjaan Anda saat ini tak lagi dibutuhkan. Ya, bisa dikatakan manusia harus mencari pekerjaan lain ketika teknologi dan robot mengambil alih profesi Anda saat ini.

The Canadian Scholarship Trust mencoba memproyeksikan pekerjaan paling menjanjikan pada 2030 nanti, berdasarkan tren lingkungan, sosial, dan teknologi. Berikut pemaparannya, dilansir dari Fast Coexist, Kamis (14/8).

1. Petani aquaponic

Populasi ikan di lautan kian berkurang drastis dan diperkriakan pada 2030 nanti populasi ikan di alam liar akan habis. Cuaca ekstrem kini juga membuat nelayan di berbagai belahan dunia takut melaut.

Oleh sebabnya, profesi petani aquaponic sangat dibutuhkan dimasa depan. Aquaponic adalah budidaya ikan dengan konsep berkebun, dimana tanaman tumbuh di atas permukaan air , sedangkan ikan hidup di bawahnya . Jadi, manusia masih bisa makan makanan laut meski berada di lokasi terpencil.

2. Desainer sampah

Jika konsep recycle bisa mengubah sampah menjadi produk baru yang lebih bermanfaat, maka pekerjaan menjadi desainer sampah akan sangat menjanjikan dimasa depan. Sampah di dunia sudah sangat menumpuk bahkan jumlah sampah lebih banyak ketimbang daur ulangnya.

Desainer sampah akan memastikan produk-produk baru lebih berkualitas dan bernilai pasar. Tak lupa, produk baru itu akan menyisakan sedikit saja limbah sehingga lingkungan tetap terjaga.

3. Navigator kesehatan

Navigator kesehatan bertanggung jawab untuk membantu pasien dan keluarga mereka menavigasi sistem medis yang kompleks. Saat ini, profesi navigator kesehatan masih belum lazim, namun keadaannya akan berbalik dimasa depan.

Jika dibidang hukum ada istilah advokat hukum, maka di dunia kesehatan akan ada istilah advokat pasien.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement