Kamis 14 Aug 2014 19:03 WIB

10 Pekerjaan Paling Dibutuhkan pada 2030 (2)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: M Akbar
Pesawat drone Boeing Phantom Eye milik militer Amerika Serikat.
Foto: AP Photo
Pesawat drone Boeing Phantom Eye milik militer Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pekerjaan Anda bisa saja tampak nomal saat ini. Namun, dalam 15 tahun ke depan, mungkin saja pekerjaan Anda saat ini tak lagi dibutuhkan. Ya, bisa dikatakan manusia harus mencari pekerjaan lain ketika teknologi dan robot mengambil alih profesi Anda saat ini.

The Canadian Scholarship Trust mencoba memproyeksikan pekerjaan paling menjanjikan pada 2030 nanti, berdasarkan tren lingkungan, sosial, dan teknologi. Berikut pemaparannya, dilansir dari Fast Coexist, Kamis (14/8).

4. Pengawas drone

Masa depan berbagai belahan dunia tampaknya akan dipenuhi dengan drone, drone, drone, dan semakin banyak drone. Tapi, siapakah yang akan mengawasi semua drone itu? Itu adalah petugas pengawas drone.

Petugas pengawas drone ini akan memonitor setiap pergerakan drone, khususnya yang melanggar batas-batas teritorial sebuah negara. Drone yang melakukan aktivitas mencurigakan akan membuat konflik dan masalah serius antarnegara.

5. Desainer nostalgist

Nostalgist sama seperti desainer interior lainnya. Bedanya, desainer nostalgist adalah seorang desainer yang mengkhususkan diri menciptakan suatu desain dari kenangan seseorang. Setelah seseorang pensiun, maka mereka umumnya akan kembali ke desa dan melanjutkan kehidupan lebih tenang.

Seiring perkembangan zaman, para pensiunan ini begitu nyaman jika tinggal di rumah yang mengingatkannya akan kenangan masa lalunya, seperti rumah era 1970-an atau rumah tradisional era 1980-an. Nah, profesi desainer nostalgist dibutuhkan waktu itu.

6. Rewilder

Saat ini, seorang petani mungkin bekerja secara konvensional. Dimasa depan, petani di sini akan berubah menjadi rewilder, yaitu petani dengan kemampuan apokaliptik yang bisa mengembalikan kondisi alam menjadi lebih baik.

Rewilder bertugas memperbaiki ekosistem alam yang rusak akibat manusia, apakah itu pembangunan pemukiman penduduk atau areal bekas pabrik. Rewilder juga mampu meningkatkan kualitas pangan secara maksimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement