Selasa 12 Aug 2014 18:45 WIB

5 Selebriti Dunia Berpenyakit Sama dengan Robin Williams (1)

Rep: c92/ Red: Mansyur Faqih
Winston Churchill
Foto: reuters
Winston Churchill

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Beberapa situs menyebutkan kalau Robin Williams telah lama menderita gangguan bipolar. Bipolar adalah gangguan mental yang ditandai perubahan suasana hati yang ekstrem. 

Penderita bipolar bisa sangat bahagia kemudian berbalik 180 derajat dalam jarak hanya beberapa jam. Seperti yang terlihat dalam tragedi kematian Williams, gangguan bipolar dapat menghancurkan kehidupan dan keluarga seseorang. 

Laman www.commdiginews.com melaporkan, Institut Kesehatan Mental Nasional AS menyatakan, 5,7 orang AS menderita bipolar. Banyak orang terkenal juga diyakini menderita gangguan mental jenis ini. 

Berikut adalah beberapa orang terkenal dengan gangguan bipolar.

1. Winston Churchill

Keluarga Winston Churchill diketahui memiliki riwayat penyakit mental. Ayahnya menunjukkan episode psikotik selama hidupnya. 

Sedangkan putrinya Diana bunuh diri pada 1963. Churchill sendiri menyebut depresi yang dideritanya sebagai 'anjing hitam' (black dog).

Teman Churchill Lord Beaverbrook menjelaskan, Churchill terkadang terlihat ada di puncak percaya diri. Namun, kadang di bagian depresi terbawah. 

Dalam kondisi depresi, Churchill meyakini, Hitler memiliki niat jahat ketika orang lain tidak ingin berkonfrontasi. 

Mungkin hanya orang yang pernah mengalami titik depresi terendah yang bisa memahami tidak adanya harapan dalam diri siapa pun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement