Senin 28 Apr 2014 14:07 WIB

Cerita Perempuan Bule yang Cinta Indonesia

Karya seni Claude Biche yang dipamerkan
Foto: West Gallery
Karya seni Claude Biche yang dipamerkan

REPUBLIKA.CO.ID, Claude Biche Lavalle adalah sosok wanita berkebangsaan Belgia yang sangat mencintai seni dan budaya Indonesia. Wanita kelahiran Ruanda-Urundi ini mencuri perhatian karena tidak hanya karena hobi fotografi serta talenta seni yang dimilikinya namun juga kepedulian dan cintanya pada Indonesia.

‘’Seni memotret yang digabungkan dengan teknik modern digital photoshop memang bukan hal baru,  namun menggabungkan gambar-gambar bernilai seni dan merangkumnya dalam desain dan ilustrasi pola yang sangat menggambarkan “Indonesia” merupakan karya seni yang bernilai tinggi,'' ujar Widijanto, Managing Director AKR Land Development dalam diskusi media di Gallery West.

Claude Biche Lavalle termasuk salah satu sahabat Indonesia dengan hobi memotret dan estetika seninya kemudian mendesain, menambahkan ilustrasi melalui teknik photoshop mampu menuangkan inspirasinya.  Inspirasi menggabungkan berbagai unsur obyek seni  seperti manik-manik kaca (glass beads), perhiasan-perhiasan etnik, wayang, patung, tekstil (songket, batik, tenun, ikat) yang seakan-akan dituturkan dalam cerita dia tas kanvas.

‘’Indonesia adalah negeri yang begitu luas, berbagai pulau dengan suku dan kekayaan seni budaya yang luar biasa. Saya merasa sangat beruntung mendapat kesempatan tinggal di Indonesia selama lebih kurang 13 tahun,  dan sudah menjelajahi berbagai tempat yang sangat eksotis, yang  tidak dimiliki oleh negara saya sekalipun, maupun tempat lain di dunia,'' ujar nenek dua orang cucu ini. 

''Ini yang membuat saya selalu ingin mengeksplorasi passion saya dalam seni memotret dan kemudian menuangkannya dalam seni lain yang modern, yaitu photoshop.  Saya juga berterima kasih pada teknologi yang membuat saya puas dan dapat terus berkreasi,’’ ujar Claude yang setia mendampingi suami tercintanya, Daniel Lavalle, bertugas di berbagai tempat.

‘’Kebudayaan Indonesia sangat kompleks. Sebagai orang asing, saya tidak dapat memahami semua itu, karena sangat berbeda dengan negeri saya.  Contoh ilustrasinya adalah di kebudayaan Indonesia patung kayu mempunyai arti yang sangat penting dan berarti daripada hanya dilihat keindahannya saja. Contohnya adalah korwar, patung nenek moyang yang menyimpan ruh-ruh nenek moyang, milik suku Asmat.  Di sini obyek-obyek seni tidak dapat dipisahkan dari konteksnya, penuh simbol dan arti, serta manfaat. Dan itu sangat menarik,’’ tambahnya.
Penasaran? Dua belas karya seni Claude ini dipamerkan di West Gallery Kebon Jeruk, Jakarta, pada 24-29 April 2014.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement