Jumat 04 Apr 2014 12:53 WIB

Film Bisu Inggris Ditemukan Setelah 80 Tahun Hilang

Rep: cr 02/ Red: Hazliansyah
Rol Film
Foto: ingeyukiko.blogspot.com
Rol Film

REPUBLIKA.CO.ID, -- Dinyatakan hilang sejak 80 tahun silam, film bisu asal Inggris berjudul "Love Life and Laughter" akhirnya berhasil ditemukan. Film produksi tahun 1923 itu ditemukan tersimpan dalam satu bioskop tua di Belanda.

Film "Love, Life and Laughter" yang dibintangi oleh Betty Balfour karya George Pearson merupakan satu dari 75 film yang paling dicari oleh Inggris.

Film ini bercerita tentang kisah percintaan gadis paduan suara dengan penulis yang memiliki kehidupan melarat.

"Love, Life and Laughter" ditemukan tersimpan di sebuah bioskop lama yang akan direnovasi di Belanda. Ketika seorang pekerja stasiun televisi lokal membawa beberapa arsip film ke museum film Belanda, secara tak sengaja film tersebut ditemukan saat ia sedang membuat katalog seluruh arsip.

Bryony Dixon seorang kurator film bisu di British Film Institute (BFI) menilai bahwa hal tersebut merupakan penemuan penting dalam dunia perfilman. Film tersebut merupakan peninggalan penting dari karya George Pearson, salah seorang sutradara paling berbakat di Inggris.

"Ini merupakan penemuan penting, film ini dibintangi oleh Betty Balfour aktris terbesar dalam era film bisu," ujar Bryony seperti yang dilansir BBC.

BFI berharap film "Love, Life and Laughter" dapat diputar di Inggris tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement