Senin 31 Mar 2014 18:41 WIB

Lepas Stress dengan RC Drift, Mainan Klasik dengan Wujud Baru

Rep: C66/Puti Almas/ Red: Julkifli Marbun
RC Drift 'Turun Gunung' di Sentul City - Jakarta RC Drift
Foto: www.SPORTKU.com
RC Drift 'Turun Gunung' di Sentul City - Jakarta RC Drift

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepopuleran permainan yang satu ini membuat banyak orang menjadikannya sebagai hobi baru. Tidak hanya populer di kalangan anak-anak, permainan ini juga populer di kalangan orang dewasa. Permainan ini adalah RC, permainan yang menggunakan remote control untuk mengendalikan model mobil-mobil maupun pesawat terbang.

"Suka aja main RC apalagi yang model drift, benar-benar bikin stres lepas," ujar Bagus Galih, warga Bekasi Selatan yang menjadi penggemar RC drift setahun yang lalu. Ia mengaku dapat bermain RC drift hingga tiga kali dalam satu minggu. permainan ini ia rasakan sangat enak dimainkan ketika sedang bosan dan lelah dengan rutinitas sehari-hari.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, membuat RC memiliki banyak jenis baru di antaranya RC khusus mobil balap, offroad, dan RC drift. RC yang paling populer bagi orang-orang dewasa saat ini adalah RC drift. Mereka berpendapat memainkan RC drift dapat menghilangkan stres dan lelah mereka.

Seiring banyaknya orang-orang yang menyukai RC drift, komunitas-komunitas pecinta permainan ini mulai terbentuk di daerah Jabodetabek. Salah satunya adalah  Komunitas Bekasi Junior RC Drifters (BJRD) yang berada di Kota Bekasi. BJRD baru terbentuk pada awal tahun 2014 ini.

Komunitas yang awalnya terbentuk melalui dunia maya ini menjadi tempat perkumpulan dan bertukar informasi bagi pecinta RC drift se-Kota Bekasi. Penggemar RC drift di Kota Bekasi mengaku membutuhkan wadah untuk saling bertukar pikiran dan mengembangkan permainan ini. "Sejak ada komunitas ini, skill kita buat bermain RC drift ini makin berkembang," ujar Bagus yang juga merupakan anggota BJRD.

Bagus menjelaskan, RC drift ini berbeda permainan RC yang lain karena membutuhkan teknik drifting saat memainkannya. Drifting adalah teknik menyetir, dimana pengemudi berusaha membuat agar mobilnya berada dalam posisi miring dan meluncur selama mungkin. Teknik menyetir mobil semacam ini sering kita lihat dalam film layar lebar tentang balapan-balapan liar, salah satunya di film Fast Furious Tokyo Drift.

Tantangan dan keunikan dalam RC drift inilah yang kemudian membuat banyak orang-orang dewasa memainkannya. RC drift disebut dapat memicu adrenalin serta melepaskan stress bagi orang yang memainkannya.

Tidak hanya itu, orang yang bermain RC drift dapat merasakan secara nyata seperti apa menyetir dengan teknik drift.

Tidak hanya itu, orang-orang yang bermain RC drift tidak harus khawatir akan rusaknya mobil mereka jika menabrak sesuatu.  Mobil RC drift memang telah dirancang agar tidak mudah rusak saat mengalami benturan bahkan yang keras sekalipun. "Aman banget main ini, mobilnya gak gampang rusak jadi enak mainnya," ujar Faris Adan, salah seorang penggemar RC drift yang juga tergabung sebagai anggota BJRD

Harga satu unit RC drift hingga saat ini memang masih terbilang cukup mahal. Untuk memiliki satu unit,  orang-orang harus merogoh kocek sebesar Rp 3 juta hingga Rp 5 juta. Untuk RC drift dengan kualitas kelas profesional, orang-orang harus mengeluarkan kocek lebih dalam lagi yaitu mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

Orang-orang yang menyukai permainan ini dan tergabung dalam BJRD cukup aktif mensosialisakan pada masyarakat Kota Bekasi mengenai permainan ini. Setiap bulannya, mereka aktif mengadakan latihan mengendarai RC drift di mal-mal yang ada di Kota Bekasi. Mereka juga mengadakan workshop mengenai RC drift agar masyarakat Kota Bekasi lebih paham mengenai cara permainan ini serta manfaat yang bisa didapat dari permainan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement