REPUBLIKA.CO.ID, Siaran langsung Oscar menarik 43 juta penonton di Amerika Serikat. Menjadikannya, siaran Academy Awards yang paling banyak ditonton dalam satu dekade terakhir.
Berdasarkan data Nielsen, Senin (3/3) waktu Amerika, pemirsa yang juga menonton drama perbudakan '12 Years a Slave' menerima penghargaan tertangkap lebih tinggi persentasenya yaitu 6,4 persen dibanding tahun lalu. Ini adalah tanda positif bagi kanal ABC yang sudah menandatangani kontrak dengan Academy Awards hingga 2020.
Ocar menarik pemirsa di luar acara olah raga terbesar di Amerika setiap tahunnya. Dan tahun ini menarik pemirsa terbanyak sejak 2004, dengan 43,6 juta penonton di Amerika saja.
Salah satu faktor yang dianggap membuat Oscar tahun ini menarik adalah pembawa acara Ellen DeGeneres. Komedian berusia 52 tahun itu mendapat pujian atas pekerjaannya sebagai pembawa acara Oscar. Namun, kritik juga ditujukan pada penyelenggaraan Oscar yang dianggap terlalu lama yaitu 3 jam 30 menit.
Oscar tahun ini juga terbukti berhasil di kancah sosial media. Terutama dengan momen yang paling banyak dibicarakan yaitu 'selfie' yang dilakukan Ellen bersama sejumlah aktor dan aktris Hollywood. Tweet tersebut memecahkan rekor dengan menjadi tweet yang paling banyak diretweet, melebihi 2 juta kali, dan menyebabkan gangguan pada servis twitter selama 20 menit.
Twitter Inc mengatakan 14,7 juta tweet terkait Oscar terkirim seluruh dunia selama penayangan Oscar. Sementara data sosial media Nielsen menyatakan secara keseluruhan ada peningkatan aktivitas di sosial media ketika Oscar ditayangkan. Peningkatannya mencapai 75 persen dibanding tahun lalu.