Ahad 23 Feb 2014 11:45 WIB

Anggota Terakhir Keluarga Von Trapp Meninggal

Maria von Trapp
Foto: Kerstin Joensson/AP
Maria von Trapp

REPUBLIKA.CO.ID, Maria Franziska von Trapp, anggota terakhir dari keluarga von Trapp yang difilmkan lewat Sound of Music, meninggal dunia. Maria merupakan anggota keluarga yang terdiri dari tujuh laki-laki dan perempuan. Ia meninggal pada usia 99 tahun, Selasa (18/2) di rumahnya di Vermont.

Maria adalah putri kedua tertua. Keluarganya lari dari kediaman mereka di Austria untuk menghindari Nazi di tahun 1930-an. Mereka akhirnya berada di Amerika dalam pelariannya. Cerita tentang keluarga ini menginspirasi lahirnya film musikal Sound of Music pada 1965.

''Maria hidup dengan bahagia dan kami akan kehilangannya,'' ujar saudara tirinya, Johannes von Trapp.

Teman keluarga, Marianne Dorfer, mengatakan sebuah kenyataan Maria menjadi anggota keluarga terakhir yang bertahan hidup. Sebab, sejak kecil Maria menderita penyakit jantung lemah. Dorfer merupakan pengurus hotel von Trapp Villa di Salzburg, Austria.

Penggemar film akan mengingat, ayah Maria akhirnya jatuh cinta dan menikahi perempuan yang mengurus anak-anaknya, seorang biarawatu bernama Maria Augusta Kustchera. Adalah faktor kesehatan Maria yang di awal membuat ayah Maria mencari pengasuh bagi anak-anaknya.  

Bersama Kustchera, von Trapp memiliki tiga anak. Yaitu Rosmarie, Eleanore, dan Johannes.

''Karena demam, saya terlalu sakit untuk berjalan tiga mil ke sekolah tiap hari. Dokter lalu menganjurkan saya untuk tinggal di rumah,'' tulis Marua pada laman kediaman keluarganya di Vermont. ''Kondisi tersebut membuat Maria Augusta Kutschera mengajarkan saya pelajaran gymnasium. Ia mulanya datang sebagai guru dan setelah tiga tahun menjadi ibu kedua saya.''

sumber : people
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement