Kamis 23 Jan 2014 15:23 WIB

Hadiah Karya Sendiri, Pengingat dan Fungsional? Buat Vas PVC

Vas bunga dari pipa PVC
Foto: WIKIHOW
Vas bunga dari pipa PVC

REPUBLIKA.CO.ID, Sedang mencari hadiah tepat yang menunjukkan kreativitas Anda sekaligus fungsional tapi manis sebagai pengingat masa? Tiga macam tujuan sekaligus, mengapa tidak.

Membuat vas sederhana tapi menarik dari pipa paralon PVC yang memajang foto, benda satu ini bisa dijadikan hadiah berharga untuk bermacam kesempatan, mulai dari Hari Ibu hingga ulang tahun orang tersayang.

Hal yang harus dilakukan pun cukup sederhana. Pertama yakni Persiapan.

Potong pipa PVC sesuai ukuran yang Anda kehendaki.  Bergantung pada tampilan akhir vas bunga, Anda bisa membuat dua hingga tiga vas yang duduk di atas tatakan kayu atau sekedar satu vas saja. Jangan lupa pastikan ukuran tinggi vas sebelum memotong pipa. Bila memungkinkan mintalah bantuan petugas toko perangkat keras atau tukang untuk memotong PVC, bila tidak Anda mesti memotong sendiri dengan gergaji tangan\

Cetak foto ke kertas foto laser, siapkan beberapa lembar atau cetak dalam beberapa ukuran dan sesuaikan dengan tinggi pipa paralon yang Anda potong.

 

Tutup pipa dan lekatkan tutupnya dengan lem khusus pipa PVC. Singkirkan sementara hingga lem mengering.

 

Oleskan lem kayu di seluruh pipa PVC. Pastikan lem kayu melapisi dan menutupi seluruh centimeter permukaan pipa tanpa ada satu pun yang terlewatkan.

 

Celupkan bagian belakang foto laser ke dalam air. Jangan sampai menyentuk ke bagian gambar, cukup hingga bagian belakang foto menjadi basah. Lalu buang kelebihan air yang menetes dengan tangan lalu rekatkan di atas pipa PVC. Sangat dianjurkan untuk mengetes dahulu berapa ukruan yang pas dengan cara melingkarkan foto yang belum dibasahi ke PVC sebelum diberi lem.

 

Setelah Anda rekatkan, tekan halus dengan tangan Anda untuk menghilangkan gelembung udara di antara PVC dan foto.

 

Langkah berikutnya yakni membuat tatakan kayu. Siapkan satu bilah kayu memanjang dan triplek sebagai landasan. Buat lubang dengan mata bor seperti di ats. Jumlah lubang bergantung pada jumlah vas yang Anda buat. Setelah itu alasi dengan triplek di bagian bawah bilah kayu.

 

 

Bila Anda tak memiliki bor, Anda bisa melubangi kayu dengan cara manual, yakni memahat dan mencungkilnya.

 

Setelah selesai rekatkan PVC ke landasan kayu menggunakan lem E-6000. Biarkan kurang lebih 24 jam hingga lem benar-benar mengering. Selesai sudah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement