Ahad 15 Dec 2013 06:00 WIB

Menjadi 'Sekolah' Terbaik untuk Anak

Ya Allah, Jadikan Aku Sekolah Terbaik untuk Anakku
Foto: Republika Online/Didi Purwadi
Ya Allah, Jadikan Aku Sekolah Terbaik untuk Anakku

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagi pengalaman, berbagi tips mendidik anak. Itulah yang ingin ditujukan duet penulis, Adzkiya Muthi dan RN Lathifa, lewat buku mereka ‘Ya Allah, Jadikan Aku Sekolah Terbaik untuk Anakku’.

Buku ini bercerita suka duka dan pengalaman-pengalaman orang tua dalam mendidik anak. Ada pengalaman bagaimana menghadapi anak yang tidak mau membereskan mainannya tiap kali selesai bermain. Pengalaman lainnya berkisah mengatasi anak yang pemalu, anak pemarah, atau anak yang kesulitan dalam belajar matematika.

Ada juga pengalaman cara mengajarkan anak bangun pagi dan rajin shalat, belajar menjaga kebersihan lingkungan, bersedekah dan menabung. Atau pengalaman menghadapi anak yang keranjingan main game online ataupun nonton televisi.

Pengalaman-pengalaman tersebut disajikan dalam bentuk cerita dengan gaya bahasa ringan sehingga pembaca tidak kelelahan membacanya. Duet penulis ini tidak hanya bercerita pengalaman semata, tapi juga menyisipkan solusinya dalam cerita tersebut.

Pembahasannya semakin lengkap karena ada ulasan sisi psikologisnya dari psikolog Debby Qurniasasi S.Psi. M.Psi. Psikolog akan mengulas misalnya mengapa anak malas membereskan mainannya, lalu memberikan tipsnya untuk membuat anak tidak malas membereskan mainannya.

Ilustrasi gambar penuh warna warni membuat buku ini semakin ‘renyah’ dibacanya. Bentuknya yang seukuran buku saku membuat pembaca nyaman membacanya.

Buku kumpulan kisah-kisah inspiratif ini terbagi dalam tiga tema besar yakni menumbuhkan rasa tanggung jawab anak, melatih kedisiplinan anak, dan membentuk karakter anak. Tiap tema besar ini berisikan beberapa kisah inspiratif.

Seperti pada tema tanggung jawab, ada kisah mengajarkan anak belajar tanggung jawab membereskan mainannya, menjaga kebersihan lingkungan, menunaikan shalat, dan lain-lain.

Di luar ketiga tema besar tersebut, ada tiga bab lainnya yakni ulasan psikolog soal melatih kemandirian anak, cara mendidik anak dalam Alquran, dan cara mendidik anak dalam kandungan.

Di akhir tulisan, ada bab Top Secret yang berisikan berbagai tips umum dalam mendidik anak. Ini membuat buku ini semakin lengkap. Sehingga, berbagai permasalahan dalam mendidik anak dapat ditemui solusinya di buku ini.*

Judul: Ya Allah, Jadikan Aku Sekolah Terbaik untuk Anakku

Penulis: Adzkiya Muthi dan RN Lathifa

Penerbit: Qultummedia

Cetak: November 2013

Tebal: 209 halaman

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement