Jumat 22 Nov 2013 19:22 WIB

Terrarium, Hadirkan Pemandangan Alam Mini dalam Stoples

Terrarium bisa dipajang dengan cara digantung (ilustrasi)
Terrarium bisa dipajang dengan cara digantung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Sedang bingung mencari ide untuk kegiatan kreatif? Bagaimana bila kali ingin membuat terrarium dari stoples kaca. Kreasi ini bisa sangat menyenangkan.

Anda bisa melakukan sendiri dan akan lebih menarik bila mengajak teman atau keluarga. Untuk membuat proyek ini berhasil anda membutuhkan stoples beserta tutupnya. sebaiknya pilih tipe stoples mason yang menggunakan tutup aluminium.

Pilihlah item-item yang hendak Anda pajang dalam stoples mungil Anda sekaligus penutup lahan mini dalam stople untuk membuat Terrarium tersebut membanggakan saat dipajang di rumah.

Langkah pertama buka tutup stoples, bersihkan dengan seksama. Meski bila Anda menggunakan stoples baru, selalu pastikan bersihkan debu dan kotoran sebelum membuat terrarium. Biarkan hingga mengering betul bila Anda membersihkan dengan air.

 

Siapkan Styrofoam. Bila Anda membeli stoples bentuk kotak, cukup lem satu lempeng di dalam tutup kotak. Ukur diameter dan keliling Styrofoam dan pakai ukuran itu untuk menggunting penutup/lumut bagian bawah terrarium. Bila menggunakan lapisan kertas bermotif, Anda membutuhkan ukuran yang pas. Potong dan lekatkan dengan tepat pada Styrofoam.

 

Tempel penutup lapisan bawah pada Styrofoam. Rekatkan baik lapisan kertas atau penutup di atas Styrofoam dengan lem lalu ambil penutup, baik gliter, rumput lumut kering atau bahan lain yang menarik menurut Anda.

 

Tambahkan item-item untuk membuat pemandangan mini di dalam stoples. Kreatiflah dan posisikan tanaman, binatang dan sebagainya. Tambahkan apa pun yang telah direncanakan untuk dipasang sebelum direkatkan dengan lem. Pasang sebentar stoples untuk melihat tampilan akhir.

 

Bila Anda sudah puas dengan susunan pemandangan mungil pada styrofoam, lekatkan dengan lem dan biarkan mengering. Jangan langsung letakkan stoples karena bisa mengganggu. Biarkan mengering untuk memastikan semuanya melekat erat di tempatnya.

 

Setelah itu tambahkan stoplesnya. Terrarium Anda siap dipajang di tempat yang diinginkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement