Senin 21 Oct 2013 20:47 WIB

Berkebun dalam Ruang, Tipe Sayuran Apa yang Cocok?

Ruangan sejuk dengan ventilasi yang baik serta jendela yang memungkinkan sinar matahari masuk adalah lokasi yang bagus bagi sayuran yang ditanam di dalam ruang (ilustrasi)
Foto: wildernessfestival.tumblr.com
Ruangan sejuk dengan ventilasi yang baik serta jendela yang memungkinkan sinar matahari masuk adalah lokasi yang bagus bagi sayuran yang ditanam di dalam ruang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Ruangan sejuk dengan ventilasi yang baik serta jendela yang memungkinkan sinar matahari masuk adalah lokasi yang bagus bagi sayuran yang ditanam di dalam ruang. Letakkan wadah atau pot besar di lantai atau di atas landasan yang kuat. Inilah kunci utama bila ingin bertanam sayur di dalam ruang.

Memang tidak semua tipe sayuran cocok ditanam di dalam ruang. Sebelum memutuskan ingin menanam apa, mari simak sedikit tips dari Reader Digest, lima sayuran yang bisa bersahabat dan tetap menghasilkan saat di dalam ruang.

Apa saja tanaman yang cocok itu? Berikut lima jenis sayuran tipe bisa langsung dinikmati yang bisa berkembang di dalam ruangan.

Tomat cabai dan terung, ini adalah jenis yang mudah ditumbuhkan karena mereka sangat menyukai ruangan dengan sinar matahari dan bisa ditumbuhkan baik dalam wadah kecil atau besar.

Untuk pot yang diletakkan di dekat jendela atau yang digantungkan, pilihlah varietas seperti tomat cheri. Tomat Sweet Million juga salah satu tipe yang cepat berproduksi dan juga memiliki rasa segar. Tak hanya itu secara tampilan pun layak dijadikan dekorasi tumbuhan gantung.

Wortel. Tipe sayuran ini memang butuh wadah yang cukup untuk akar tumbuh menerus ke bawah. Tapi bukan berarti tidak bisa. Bertanam wortel di dalam pot bisa membuat Anda panen dalam waktu 21-25 hari.

Kentang. Saat sayuran ini ditanam di luar, ia akan tumbuh dengan mudah di dalam pot atau karung plastik dan tetap menghasilkan rasa enak. Sementara ketika ditanam didalam ruangan, pastikan beri ruang di wadah untuk lebih banyak kompos bagi tumbuhan ketika umbi batang kentang berkembang di tanah.

Kacang dan buncis. Buncis tipe kurcaci yang kecil bisa dibiakkan dalam pot bahkan dalam musim hujan. Bila ingin menumbuhkan buncis biasa, pastikan ia mendapat sinar matahari cukup. Anda bisa menggantung pot-pot di teras rumah.

Jamur sangat cepat tumbuh, terlebih bila Anda memiliki ruang di dalam lemari gelap. Siapkan kantung-kantung plastik yang telah dilubangi dan diisi kompos khusus untuk jamur. Media ini hanya butuh air sebelum dibiarkan dalam tempat gelap tanpa sirkulasi udara, seperti loteng atau lemari. Jaga suhu ruang 10-15 derajat Celsius dan jamur bisa dipanen dalam beberapa pekan setelah ditanam.

Cara alternatif buatlah kompos sendiri terdiri dari jerami dan aktivator yang bisa diperoleh di toko khusus kebutuhan pertanian. Buat campuran bahan tadi dan letakkan di dalam wadah steril, seperti ember plastik besar. Begitu suhu media turun dan campuran tadi berubah jadi kompos, taburkan bibit atau spora jamur yang hendak ditanam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement