Kamis 17 Oct 2013 15:34 WIB

Boyband yang Mencuri Hati Fans K-pop Tahun Ini

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Djibril Muhammad
EXO
Foto: Kpopstarz
EXO

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Jumlah kelompok idola laki-laki atau boyband semakin banyak ditahun ini. Sementara boyband yang telah memulai debutnya sejak tujuh tahun lalu juga terus menanjak ke pasar global.

Ada beberapa kelompok pendatang baru, yang kurang dari lima tahun debut, ternyata tidak butuh waktu lama untuk  mencuri hati penggemar dari berbagai negara. Ini membuat mereka menjadi kelompok paling dicari tahun ini.

Berdasarkan grafik digital, penjualan album musik, konser, jumlah penggemar (fan cafe), memperlihatkan beberapa nama boyband yang menjadi bintang tahun ini. Pertimbangan ini digunakan untuk mengurutkan popularitas mereka.

1. EXO

Tidak mengherankan jika boyband EXO keluar diurutan pertama tahun ini. Penjualan album mereka mendekati angka satu juta kopi. Hanya dua tahun setelah debut, EXO menjadi salah satu idola terbaik diindustri musik K-pop. Mereka tidak hanya populer di Korea, tapi juga di luar negeri.

Video klip EXO ditonton lebih dari 14 juta kali di YouTube. Lagu mereka konsisten berada diperingkat pertama ditiga negara, yaitu Singapura, Thailand, dan Indonesia.

2. SHINee

Lima tahun sejak debut, SHINee masih populer seperti biasa. Mereka merilis album baru mereka 'Dream Girls' pada Februari 2013 dan terjual lebih dari 180 ribu eksemplar. Ini menempatkan mereka di posisi kedua untuk penjualan album setelah EXO, 240 ribu eksemplar.

SHINee juga relatif populer di luar negeri, menempati posisi ketiga di YouTube. alam hal grafik iTunes, lagu 'Why So Serious' sangat populer di Jepang, Taiwan, dan Hong Kong.

3. Inifinite

Boyband yang satu ini cukup baik di Korea Selatan. Mereka menempati posisi kedua dalam ajang 'Music Core' dan juga di 'Inkigayo' serta 'Music Bank.' Popularitas mereka di luar negeri masih cukup hangat saat ini.

Video klip mereka 'Destiny' dirilis pada Juli dan dilihat lebih dari 4,6 juta kali di YouTube. Infinite terus mengumpulkan banyak penggemar melalui tur mereka selama enam bulan sejak Agustus 2013.

4. Beast

Dirilis pada Mei 2013, lagu 'Will You Be Alright?' milik Beast langsung meluncur ke peringkat kedua untuk skor musik. Meskipun mereka tidak melakukan promosi resmi untuk lagu ini, tapi lagu ini memberi kesan cukup baik. Beast berada di posisi kedua dari kategori penampilan yang mengesankan.

Beast meluncurkan buku album piktorial fesyen, menjadi bintang dilima iklan majalah cetak, dan dua iklan komersial televisi. Sebab popularitas mereka terus berkembang, mereka mengumpulkan lebih dari 50 ribu anggota fan cafe baru dari total tahun lalu 270 ribu anggota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement