Selasa 01 Oct 2013 16:27 WIB

Bagaimana Mendaratkan Dua Kaki Sekaligus di Atas Skateboard?

Aksi dengan skateboard (ilustrasi)
Aksi dengan skateboard (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Ini memang pertanyaan normal dan persoalan yang sangat umum saat melakukan aksi dengan skateboard. Anda mencoba melakukan ollies alias terbang dengan papan skateboard, atau kickflip, membalik dan memutar papan 360 derajat, tapi kedua kaki menolak mendarat bersamaan di atas papan.

Mungkin hanya satu yang mendarat, mungkin malah tidak keduanya. Seorang pakar sekaligus atlet Skateboard asal AS, Steve Cave, menyebut kaki macam tadi 'chickenfoot' atau 'kaki penakut'. Apa pun istilah lainnya, yang pasti si kaki rewel diajak berkerja sama. Jadi bagaimana caranya mengatasi si chickenfoot. Bagaimana agar bisa mendarat dengan kedua kaki di atas skateboard.

Inilah pemaparan dari Steve Cave di about.com. Ia bukan saja atlet yang mengawali aksi skateboard sejak remaja, tetapi juga pengajar Skateboard selama 6 tahun.

Pertama Anda harus bisa mendarat paling tidak dengan satu kaki di atas papan skateboard. Bila tidak ada satu pun kaki yang bisa, maka bisa jadi trik yang Anda lakukan salah, atau Anda sangat ketakutan.

Takut adalah normal dalam aksi skateboard, malah justru bagus. Itu menunjukkan Anda melakukan aksi skateboard dengan sungguh-sungguh, dan Anda tahu bahwa Ada bisa terluka bila melakukan trik dengan ceroboh.

Jadi hal pertama yang tak bisa tidak adalah terus berlatih hingga Anda mendarat minimal dengan satu kaki di atas papan. Pilih kaki yang mana dan  pastikan ia mendarat di atas skateboard. Bila Anda tidak bisa melakukan langkah ini, ulangi lagi dan lagi dengan trik yang Anda coba, bisa jadi tadi tidak dilakukan dengan benar, sehingga Anda harus bekerja menemukan cara yang benar.

Sebagian besar skater mampu mendaratkan satu kaki di atas papan, namun kaki yang lain tetap menolak mendarat dengan tepat. Ada beberapa hal yang perlu dicoba. Tentu cara terbaik adalah terus berlatih, mencoba trik dengan cara berbeda sedikit hingga Anda mendarat dengan benar.

Hanya saja, bagi banyak skater pula, proses ini begitu membuat frustasi dan Anda tiba-tiba merasa seperti tidak pernah mampu melakukannya. Jangan putusa asa dan tetap dengan berlatih, bila perlu minta bantuan. Meski satu-satunya cara adalah, terus mencoba dan Anda sendirilah yang menemukan solusinya.

Kaki mana pun yang bisa mendarat di atas papan, jangan jadikan satu-satunya andalan. Bila kaki itu sudah sukses menyentuh permukaan skateboard, biarkan ia mendapat giliran menyentuh lantai. Coba paksa kaki satu lagi yang 'nakal' untuk bisa mendarat di papan. Begitu si 'kaki naka' bisa mendarat mulus di atas papan, lalu ganti lagi dengan kaki yang sudah jago. Begitu terus berulang kali,

Begitu Anda merasa keduanya sudah memiliki insting otot yang sama cobalah mendarat dengan keduanya. Anda pasti bisa. Bila tidak bisa itu berarti Anda masih takut. Meski takut normal, Anda harus bisa mengatasinya bila terus ingin menikmati beraksi dengan skateboard.

Bila pada latihan sebelumnya Anda bisa memilih kaki mana yang mendarat di atas papan, maka Anda bisa memilih membuat keduanya mendarat bersamaan. Masuk akal bukan.

Tentu, masalah di lapangan yang Anda hadapi bisa berbeda sama sekali. Cara terbaik yang bisa disarankan adalah mencari bantuan orang lain untuk melihat ketika Anda beraksi dan mengevaluasi apakah yang Anda lakukan sudah benar. Paling pas bila dia juga seorang skater yang Anda percaya, tapi meski bukan, mereka masih bisa menolong dengan memperhatikan cara Anda beraksi dengan skateboard.

Ingatlah tetap santai, terus berlatih dan bersenang-senang. Bila Anda terlalu stress, maka carilah aksi yang lain beberapa saat lalu kembali dengan trik ini. Cobalah menjelajahi taman, atau mencoba sesuatu yang tak perlu membalik papan, seperti railstand, sebelum kembali berupaya mengatasi 'chickenfoot' Anda. Paling penting, pastikan Anda menikmati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement