Senin 30 Sep 2013 12:00 WIB

Jinusean Jadi 'Jurus Terjitu' YG Entertainment

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Jinusean
Foto: Starnews
Jinusean

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Dunia musik K-pop akhir-akhir ini menyoroti kesuksesan lembaga YG Entertainment melalui prestasi rapper BigBang, G Dragon melalui album terbarunya, Coup d'Etat. Tidak hanya di negara asalnya Korea Selatan, GD juga terkenal di seluruh dunia karena gaya bermusiknya yang unik.

Di antara jumlah seniman K-pop yang jumlahnya tak terhitung itu, GD menonjol. Namun, untuk benar-benar memahami posisi YG diindustri musik k-pop saat ini, tentunya harus menelaah masa lalunya, tempat dimana lembaga ini berasal.

Dilansir dari Kpopstarz, Senin (30/9), YG memiliki sejarah panjang memproduksi musik hip hop dan merupakan pemain penting dalam munculnya genre hip hop di Korea.

Didirikan pada 1996, Yang Hyun Suk, salah satu mantan anggota grup Seo Taiji and Boys, satu kelompok pop Korea yang ikonik membuka perusahaan bernama YG. Perusahaan ini menjadi wadah berkarya para musisi hip hop di Korea Selatan.

Sama seperti yang dilakukannya terhadap GD dan BigBang, Hyun Suk membentuk karier bisnis musiknya dengan banyak artis yang berpengaruh dan populer dimasa lalu. Di antara daftar panjang itu adalah duo Jinusean. Anggotanya terdiri dari Jinu Kim and Noh Seung Hwan (Sean).

Popularitas Jinusean naik pada akhir 1990-an sebab suara mereka berdua merupakan gabungan dari unsur musik hip hop dan funk. Pasangan ini juga menggabungkan lirik berbahasa Korea dan Inggris dalam lirik-lirik rap mereka.

Jinu pertama kali debut sebagai artis solo ketika Hyun Suk mendengar lagunya berjudul 'I was the Captain.' Hyun Suk kemudian bersikeras membuat pertemuan dengan Jinu dan meyakinkan rapper muda itu bergabung ke dalam perusahaannya.

Presiden YG ini kemudian memperkenalkan Jinu dengan rapper baru bernama Sean. Pada 1997, duo ini merilis single perdana mereka berjudul 'Gasoline,' serta sebuah album dengan judul sama. Popularitas Jinusean cepat naik setelah meluncurkan single kedua mereka 'Tell Me' dan mencetak sukses besar.

Jinusean lanjut merilis empat album dan yang terakhir adalah 'Norabosae' pada 2004.

Jinusean adalah seniman klasik bagi penggemar K-hip hop.

ROLers, untuk mengetahui bentuk awal Jinusean yang menjadi jurus terjitu YG melahirkan musisi hip hop lainnya, anda bisa melihat penampilan mereka di sini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement