Kamis 05 Sep 2013 14:05 WIB

Film Soal Pendiri 'WikiLeaks' Tayang Perdana di Festival Toronto

Rep: Nur Aini/ Red: Citra Listya Rini
Wikileaks
Wikileaks

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Festival Film Toronto akan dibuka hari ini, Kamis (5/9) waktu setempat dengan film drama yang menceritakan kisah hidup pendiri WikiLeaks, Julian Assange. 

Film itu dikabarkan menjanjikan cerita lengkap dibalik situs pembocor rahasia negara. Film "The Fifth Estate" disutradarai oleh Bill Condon berdasarkan buku dari Assange dan mantan juru bicara WikiLeaks Daniel Domscheit-Berg. 

Film itu menceritakan tentang peristiwa pembocoran rahasia terbesar di sejarah Amerika pada 2010. Film tersebut dibintangi Benedict Cumberbatch yang berperan sebagai Assange.

Tayang perdana film tersebut hanya sepekan setelah tentara Chelsea Manning dihukum penjara 35 tahun karena mengirimkan 700 ribu dokumen militer dan diplomatik AS ke WikiLeaks yang kemudian menerbitkannya. 

Manning ditahan pada 2010 saat menjabat sebagai analis intelijen junior di pangkalan AS dekat Baghdad. Tentara muda tersebut dipuji sebagai pahlawan karena mengungkap pelanggaran AS di perang Irak dan Afghanistan. 

Namun, dia didakwa sebagai penghianat karena menempatkan negara dalam risiko. Assange sementara ini bersembunyi di kedutaan Ekuador di London. 

"Ini bukan film umum, khususnya film Hollywood, berurusan dengan cerita yang masih menjadi berita terkini," kata bos festival, Cameron Bailey dikutip Arabnews, Kamis (5/9). 

Festival film akan berlangsung 5 September hingga 15 September dan akan memutar 366 film termasuk 146 film yang tayang perdana. Meski tidak ada penghargaan seperti di Cannes atau Venesia, festival film Toronto secara tradisonal menjadi peristiwa penting untuk Oscar dan distributor. 

Selain film tentang Wikileaks, festival itu akan memutar film tentang Nelson Mandela, tokoh pejuang kemerdekaan Afrika Selatan. Film 'Mandela: Long Walk to Freedom' tersebut dibintangi aktor Inggris Idris Elba. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement