Jumat 30 Aug 2013 15:04 WIB

Lentera Taman Cantik dari Kaleng Tua, Bikin Yuk

Lentara Lilin dari kaleng-kaleng bekas
Lentara Lilin dari kaleng-kaleng bekas

REPUBLIKA.CO.ID, Taman Anda terlihat sepi di malam hari? Ingin membeli lampu tapi tak ingin direpotkan perawatan dan instalasi listrik? Cobalah membuat lentera taman menarik dari kaleng-kaleng tua. Mereka tak hanya bisa menjadi wadah, tetapi juga lampu taman yang cantik. Sumber cahayanya pun sederhana, cuma lilin.

Satu yang perlu Anda lakukan hanyalah mengecat ulang permukaan dan melubanginya agar cahaya bisa berpendar keluar. Bila perlu lubangilah dengan motif tertentu supaya menarik.

Permasalahannya melubangi kaleng bisa sangat merepotkan. Memukul kaleng dengan paku dan palu bisa membuat besi kaleng penyok. Lalu bagaimana? Mari kita simak tips sederhana berikut.

 

1. Pilih kaleng yang masih bagus dan buang bagian atas. Bersihkan dan pastikan tidak ada karat melekat. Isi kaleng dengan tanah atau pasir halus hingga 3/4. Cara ini mencegah kaleng tidak menggelembung ketika diletakkan dalam frezer. Lalu tambahkan air ke dalam isi kaleng.

 

2. Letakkan ke dalam lemari es di bagian pembeku dan tunggu hingga air membeku. Saat air membeku, ia akan melesak melebihi tinggi pasir.

 

3. Ambil kaleng dan buatlah pola sesuai dengan selera. Salah satunya Anda bisa mengikut pola kerangka daun dengan cara menempelkan daun ke atas kaleng. Berhati-hatilah jangan sampai merobek daun, mulailah pada ujung lancip daun di bagian bawah kaleng lalu bergerak ke atas. Setelah itu palu paku di sekitar perimeter daun untuk membuat pola. Beri jarak yang sama agar desain Anda terlihat manis dan simetris.

 

4. Selesai, copot daun dari kaleng lalu cat kaleng Anda dengan warna menarik. Bila menggunakan cat semprot pastikan Anda melakukan di luar ruangan atau di ruangan dengan ventilasi bagus. Biarkan ia mengering selama 24 jam, meski bila dibiarkan, di udara terbuka cat bisa mengering dalam waktu 3 jam.

 

5. Tempatkan pasir halus ke dalam kaleng, sekitar 1/2 cup, bergantung pada ukuran kaleng.

 

6. Setelah itu tempatkan lilin di tengah kaleng lalu nyalakan. Selesai. Anda bisa meletakkan di taman, atau juga di dalam rumah sebagai dekorasi ruangan.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement