Selasa 13 Aug 2013 10:38 WIB

Musik Dapat Membantu Menyembuhkan Anak Cacat

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Citra Listya Rini
Musik (Ilustrasi)
Foto: FREESTOCKMUSIC.COM
Musik (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Musik tidak hanya digunakan sebagai alat hiburan. Di London, ternyata musik juga dapat digunakan sebagai terapi penyembuhan. Kok bisa?

Ya, meski masih banyak menuai pertanyaan, Dr. Nick Pickett yang bertugas di Rumah Sakit Great Ormond menggunakan musik untuk mendorong interaksi sosial, kegembiraan dan percepatan penyembuhan pada orang cacat dan anak-anak yang sakit. 

Dokter yang sudah 20 tahun menjadi spesialis musik ini menggunakan teknologi komputer dalam menciptakan musiknya. Dengan teknologi ini, anak-anak yang cacat fisik mampu membuat komputer meski mereka tidak dapat menggunakan tangannya. 

Dirumah sakit ini, Pickett tidak hanya menangai pasien dengan masalah fisik tetapi juga masalah neurologis. Pasien yang ditanganinya mulai dari usia tiga minggu hingga 16 tahun. Dan kebanyakan dari anak-anak ini sudah menghabiskan waktunya bertahun-tahun di rumah sakit. 

 

Dalam praktiknya, Pickett merancang, membangun dan membuat software-nya sendiri. Inspirasi ini didapat Pickett sewaktu dirinya mengadakan sebuah pertunjukkan. 

Kala itu, seorang pria lumpuh mengatakan, dia berharap dapat memainkan alat musik, tapi ketidakmampuan menghalanginya. Pickett kemudian menyarankannya menggunakan organ mulut. 

Tapi pria menolaknya lantaran dia tidak suka jika mulutnya berdarah ketika melakukan hal itu. Tantangan dalam pekerjaannya ini menurut Pickett memberinya banyak inspirasi dan merubahnya. 

Ia berharap, 20 tahun ke depan, semua anak bisa memiliki pengalaman yang menyenangkan dalam membuat musik. 

sumber : jeruknipis.com

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement