Senin 21 Apr 2014 08:21 WIB

Pernikahan Mahal Sapi dan Banteng di India

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Citra Listya Rini
Banteng (ilustrasi)
Foto: houstonzoo.org
Banteng (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Seekor sapi dan banteng dinikahkan dengan pernikahan mewah di India. Pernikahan tersebut menelan biaya 10 ribu poundsterling. 

Lebih dari lima ribu warga desa mendatangi pernikahan tersebut dan mengikuti upacara hindu di dekat Indore, Madya Pradesh. Sapi dan banteng itu dinikahkan oleh penjaga sungai Gangga, Gopal Patwari. Pernikahan ini disebut sebagai penolak bala dan bencana terhadap penduduk india. 

''Bencana alam seperti badai dan hujan deras terjadi di daerah-daerah sekitarnya, menghancurkan tanaman. Untuk mencegah hal ini terjadi ke desa kami, kami melakukan pernikahan ini atas saran dari orang suci,'' kata Gopal.

Butuh waktu dua bulan untuk mempersiapkan pernikahan. Undangan dikirim ke 10 ribu penduduk dari tiga desa yang memiliki hubungan kekeluargaan yang erat. Dalam undangan tersebut, pihak yang menikahkan juga meminta masyarakat untuk menyumbangkan sebagian harta mereka. 

 

Sebagian besar petani yang datang ialah penanam gandum, kacang-kacangan dan kapas. Para petani sangat bergantung kepada cuaca yang baik untuk memanennya. Jadi tidak mengherankan, lebih dari 5 warga berbondong-bondong datang untuk menyaksikan pernikahan. 

Gangga (nama sapi suci itu) tiba lebih dulu dengan mengenakan saree merah khas baju pengantin di India dan dilengkapi dengan perhiasan, pewarna dan karangan bunga. Sementara, Prakash (sang banteng) tampak dihiasi dengan sherwani warna-warni dan sorban berwarna oranye.

Upacara dimulai ketika Gopal Patwari memberikan Ganga ritual tradisional, termasuk Haldi, Ganesh Pooja, Mandap dan Fera - di mana pasangan dipimpin untuk mengelilingi api suci. Gopal  Patwari gembira karena mereka akhirnya mengumumkan pernikahan tersebut dan disambut dengan tarian.

''Saya senang dan orang di sekitar saya senang Semua orang senang. Dari sini kami berharap Ganga dan Prakash menjalani hidup bahagia bersama-sama, seperti keluarga nirmal. Dan mereka akan terus bersama dan memiliki anak yang akan bahagia,'' kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement