Senin 24 Jun 2013 16:18 WIB

Dekor Ulang Ruang dengan Untaian Kupu-Kupu, Bikin Yuk!

Untaian kupu-kupu untuk mendekorasi ruangan.
Foto: We Hear It
Untaian kupu-kupu untuk mendekorasi ruangan.

REPUBLIKA.CO.ID, Ingin mengubah tampilan ruangan, kamar tidur si kecil atau kamar tidur Anda sendiri tapi tetap  berhemat? Bagaimana dengan membuat sendiri hiasan yang bisa menjadi tirai, yakni untaian kupu-kupu dari koran atau buku bekas.

Tertarik? Berikut bahan yang dibutuhkan dan langkah-langkah sederhananya.

Bahan yang diperlukan

1. Beberapa lembar kertas.2. Pensil

3. Kertas putih sebagai pola induk

4. Gunting

5. Lem stik

6. Benang yang kuat, bisa berupa benang kasur atau benang katun berwarna ukuran tebal.

Langkah-langkah

1. Pilih bentuk kupu-kupu yang Anda inginkan, bisa dari buku, online lalu gambar garis luar figurnya di atas kertas. Contoh berikut adalah bentuk yang sederhana tanpa atena dan sungut, tapi tentu saja Anda bisa lebih kreatif dari bentuk ini. Potong gambar tadi untuk digunakan sebagai pola induk.

2. Tempatkan kertas yang hendak anda buat untaian di permukaan datar lalu gambar dengan hati-hati figur kupu-kupu dari pola induk. Buatlah berdasar panjang untaian yang Anda inginkan. Ingat, Anda mungkin harus menggandakan jumlah kupu-kupu bila untaian tersebut ingin terlihat dari segala sisi.

3. Potong panjang benang sesuai dengan desain yang Anda buat ikatan di ujung untuk menggantungkan untaian.

4. Tentukan tengah benang, di sinilah Anda akan menempatkan kupu-kupu pertama Anda. Beri lem di balik sisi kupu-kupu (sisi yang Anda tak ingin lihat) lalu tempelkan ke benang.

5. Kemudian tempelkan satu lagi potongan kupu-kupu di balik kupu-kupu pertama yang telah melekat.

6. Tekan kedua sisi kupu-kupu untuk memastikan mereka merekat satu sama lain sesuai bentuknya.

7. Lekatkan kupu-kupu lainnya dan pastikan ada jarak yang sama di antara setiap kupu-kupu. (Penggaris atau isolasi pengukur bisa sangat berguna dalam proyek ini).

8. Potong bila ada sudut kupu-kupu yang tidak persis satu sama lain, tapi berhati-hatilah jangan sampai memotong benang

9. Gantung untaian kupu-kupu yang telah anda buat di bagian dinding yang diinginkan, bisa di langit-langit sehingga membentuk awan kupu-kupu yang menarik.

Jangan takut bereksperimen dengan berbagai bentuk atau gaya, bila perlu dengan materi berbeda bila Anda punya cukup dana. Kain flanel atau kertas berwarna bisa menjadi materi yang menarik. Anda juga bisa menghiasi untaian kupu-kupu dengan pena dan glitter untuk memberikan kilauan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement