Senin 17 Jun 2013 16:50 WIB

Kreativitas Semua Umur? Yuk Pahat Sabun

Pahatan sabun berbentuk kura-kura
Foto: 30newthingsin30days.com
Pahatan sabun berbentuk kura-kura

REPUBLIKA.CO.ID, Memahat sabun bisa menjadi aktivitas menyenangkan dan mudah untuk menciptakan karya pahatan patung kecil.

Berbeda dengan memahat kayu yang lebih berbahaya dan mesti dilakukan oleh orang terlatih, siapa pun––dari anak-anak usia sekolah dasar hingga dewasa–– bisa menikmati kreasi memahat dari sabun. Hasilnya bisa dijadikan pajangan atau digunakan sebagai sabun tangan atau sabun mandi si kecil Anda.

Apa yang harus dipersiapkan, berikut tipsnya:

1. Pilih sabun yang bertipe batangan besar. Semakin besar ukuran sabun, kian mudah Anda untuk berkreasi.

2. Pastikan anda memiliki area yang tertutup--bisa dengan plastik atau koran--untuk melakukan proyek sederhana ini.

3. Pilih pisau yang tepat. Sabun memang cenderung lunak, sehingga pisau sangat tajam tidak terlalu dibutuhkan. Pisau plastik pun bisa Anda gunakan, bahkan tongkat kecil permen lolipop juga berguna. Alat ini terutama cocok bagi anak-anak untuk mencegah luka bila memakai pisau tajam.

4. Tentukan subyek untuk dipahat. Seekor kura-kura, dan ikan adalah pilihan yang sering diambil bagi pemula karena bentuk mereka mirip dengan bentuk sebagian batang sabun. Anda bisa juga memilih figur lain seperti kepala kuda, simbol ksatria dalam catur, burung, perahu dan apa pun yang menarik bagi Anda.

5. Buat outline atau garis luar figur yang akan anda pahat di permukaan sabun. Anda bisa menggunakan pensil atau langsung memakai pisau, tusuk gigi, untuk menggoreskan outline tersebut.

6. Hilangkan sabun di bagian luar outline dengan pisau. Iris perlahan dalam bagian-bagian kecil karena lebih mudah untuk menyingkirkan ketimbang menempelkan sabun. Memotong terlalu besar bisa membuat sabun pecah menjadi bongkahan.

7. Tambahkan detail di dalam outline untuk memperkuat pahatan. Ketika acara memahat selesai, basahi tangan anda dan gosok permukaan sabun untuk menciptakan hasil akhir yang lebih halus. Biarkan mengering dan mengeras beberapa hari sebelum dipakai.

Tips

  • Gunakan sabun yang baru alih-alih sabun lama yang sudah terpakai meski kering. Sabun kering cenderung rapuh dan mudah retak dan pecah menjadi kepingan kecil.
  • Sabun warna putih dan kuning cocok bagi pemahat pemula. Pilihlah yang besar dan lembut mudah dikerjakan dan mudah dibeli.
  • Perbaiki retakan kecil dan goresan diluar keinginan dengan tusuk gigi basah untuk sedikit memperlembab area tersebut lalu perhalus dengan jari Anda.
  • Simpan potongan sabun yang tak terpakai anda bisa membuat sabun cair dari sana. Berhati-hatilah jangan terburu-buru dengan hasil akhir, semua akan berjalan baik.
  • Pastikan tangan selalu kering. Bila tangan basah atau lembab, sabun akan menjadi sangat licin.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement