Jumat 03 May 2013 06:29 WIB

Hari Ini di 1937 Novel Gone with the Wind Dapatkan Pulitzer

Gone with the Wind dijadikan sebagai film dan meraih sukses seperti novelnya
Foto: asiaweek
Gone with the Wind dijadikan sebagai film dan meraih sukses seperti novelnya

REPUBLIKA.CO.ID,Hari ini, 3 Mei 1937 Novel Gone with the Wind mendapatkan penghargaan Pulitzer. Gone with the Wind adalah novel karya Margaret Mitchell yang diterbitkan pada 1936. 

Novel ini adalah salah satu novel terpopuler sepanjang masa, dan adaptasi layar lebarnya yang dirilis pada 1939 berhasil memecahkan rekor jumlah Oscar yang diterima.

Karya Mitchell bercerita tentang kisah seorang wanita berjiwa pemberontak dari Georgia yang bernama Scarlett O'Hara dan hubungannya dengan sahabat, keluarga dan kekasihnya di tengah Perang Saudara AS, serta masa "Rekonstruksi". Novel ini juga bercerita tentang cinta yang tumbuh antara O'Hara dan Rhett Butler.

Pada 1938, kisah ini diangkat ke layar lebar dan dibintangi oleh Clark Gable sebagai Rhett Butler dan Vivien Leigh sebagai Scarlett O'Hara. Film ini mulai diputar di Atlanta, Georgia pada 15 Desember 1939 dengan biaya produksi sekitar US$4 juta, dan hingga kini merupakan film dengan pemasukan terbesar sepanjang sejarah (sesuai perubahan inflasi). FIlm ini mendapatkan 13 nominasi Oscar dan memenangkan delapan di antaranya.

sumber : Wikipedia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement