Selasa 02 Apr 2013 16:10 WIB

Jangan Cuma Dilihat, Cat Kembali Miniatur Anda

Mengecat ulang koleksi miniatur
Foto: WIKIHOW
Mengecat ulang koleksi miniatur

REPUBLIKA.CO.ID, Mengoleksi figur miniatur bukan hanya hobi bocah kecil. Kaum dewasa kadang masih suka berkutat dengan kegemaran tersebut.

Khusus bagi penghobi dewasa, anda bisa bereksperimen dengan koleksi miniatur, bukan cuma menyimpan melainkan mengecat ulang. Tertarik?

Miniatur biasanya terbuat dari logam, baik timah, timbal, atau bahkan plastik. Bila ingin mengecat koleksi miniatur,  siapkan peralatan sederhana sebagai berikut, pisau kecil atau cutter untuk keperluan hobi, beberapa kuas kecil, tisu untuk mengeringkan, lem tembak, air atau pelarut yang sesuai dengan cat anda.

Rekomendasi dari Wikihow menyarankan untuk menggunakan akrilik berbahan dasar air.

Langkah pertama

1. Persiapkan miniatur. Cucilah dengan air hangat yang telah diberi sabun untuk membersihkan debu dan kotoran dari model. Pastikan semua bagian bisa melekat satu sama lain. Gunakan pisau kecil untuk merapikan sendi-sendi atau bagian sambungan miniatur yang tidak pas.

 

2. Merakit. Ini bisa menjadi bagian paling susah. Bagian kecil seperti tangan, senjata mungil, antena dan semua bagian-bagian plastik bisa dilekatkan dengan lemsuper. Sementara, bagian logam lebih besar butuh kait logam. Kaitan ini membutuhkan lubang kecil untuk meletakkan kawat kecil atau logam pengait. Setelah itu barulah dilem baik dengan lemsuper atau epoksi untuk sambungat lebih rekat.

 

3. Warna utama. Untuk model berwarna lapisi dahulu dengan cat primer putih, sedangkan model dengan warna lebih gelap gunakan hitam atau abu-abu. Ingatlah lebih baik melapisi miniatur dengan cat tipis 2-3 kali ketimbang lapisan tebal yang bisa menutupi detail miniatur. Biarkan dulu lapisan  pertama mengering sebelum mengoles lagi.

 

4. Lapisan dasar. Mulailah dengan bagian tersulit dari model dengan memberi lapisan tipis cat dasar di bagian tersebut. Teruskan ke bagian lain yang lebih luas dan mudah.

 

5. Pemberian efek gelap. Lakukan bagian ini dengan menggunakan cat hitam, coklat, atau warna lain yang berintensitas gelap dalam larutan kental. Lapiskan ke area yang diinginkan dan detail. Biarkan mengering.

 

6. Cat kering. Campur warna sedikit lebih terang ketimbang warna dasar. Ambil sedikit dengan kuas, sapukan ke tisu, lalu sapukan kuas kering yang masih mengandung warna ke model, untuk menciptakan efek bayangan terang.

 

 

7. Lindungi model menggunakan vernis semprot yang bisa anda beli di toko-toko hobi atau bangunan. Semprotkan ke arah miniatur dalam ruangan berventilasi udara baik. Ingat, beberapa lapisan tipis lebih baik daripada sekali semprot lapisan tebal. Biarkan vernis mengering sebelum anda memberi semprotan kedua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement