Jumat 29 Mar 2013 19:14 WIB

Paman Harry Potter Meninggal

Rep: Friska Yolandha/ Red: Mansyur Faqih
Richard Griffiths
Foto: AP PHOTO
Richard Griffiths

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pemeran paman penyihir Harry di saga Harry Potter Richard Griffiths menghembuskan napas terakhirnya, Jumat (29/3). Ia meninggal di usia 65 tahun setelah mendapat serangkaian serangan jantung. Griffiths dikenal sebagai aktor yang bermain di film Withnail and I dan saga Harry Potter. Ia juga bermain sebagai perwira polisi di film seri Pie in the Sky.

Griffiths menerima Tony Award, Laurence Oliver Award dan Outer Critics Circle Award untuk penampilannya sebagai seorang guru di film The History Boys. Griffiths lahir pada 1947 di North Riding, Yorkshire. Ia adalah putra tunggal dari ayah dan ibu yang terlahir tuli. Ia memulai kariernya sebagai badut Shakespeare di pertengahan 1970-an.

Baru-baru ini Griffiths bermain di tujuh film Harry Potter sebagai Vernon Dursley. Ia berperan sebagai seorang paman yang kejam kepada keponakannya. Dia juga muncul sebagai lawan main pemeran Harry Potter Daniel Radcliffe di panggung teater Peter Shaffer's Equus.

Griffiths meninggal akibat serangan jantung yang dideritanya. Ia meninggalkan seorang istri yang telah ia nikahi selama 33 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement