Rabu 20 Mar 2013 13:39 WIB

Ponsel Mewakili Status Sosial Seorang Pria

Rep: Ilhami Rizqi Ashya/ Red: Karta Raharja Ucu
Ilustrasi.
Foto: IST
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat beberapa orang berpikir jam tangan atau sepatu dapat menunjukkan status sosial seseorang, 61 persen pria mengaku ponsel adalah hal pertama yang orang perhatikan tentang mereka.

Hasil itu didapat dari sebuah studi terbaru Vuclip, sebuah perusahaan mobile video. Sebenarnya, hanya 38 persen wanita merasakan hal yang sama. Itu pun wanita berusia 18 tahun ke bawah. Tetapi jumlah wanita yang memperhatikan ponsel seorang pria melonjak menjadi 82 persen dalam beberapa tahun terakhir.

Survei itu melibatkan 120 ribu orang di lebih dari 15 negara. Responden ditanya apa yang orang pertama kali lihat dari seorang pria. Lebih dari 50 persen responden menjawab ponsel mewakili kemakmuran mereka. Sementara yang lain menjawab mobil, jam tangan, atau pakaian sebagai ukuran status sosial.

Sekitar 87 persen orang Amerika memiliki ponsel. Menurut Pew Research Center, ponsel sudah menjadi barang wajib di negara-negara maju dan berkembang, dan smartphone kelas atas dengan cepat menjadi simbol status di kalangan kelas menengah, seperti di Cina.

Tapi orang masih agak sensitif tentang ponsel mereka, karena 48 persen responden mengatakan mereka merasa malu membiarkan orang lain melihat ponsel mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement