Rabu 13 Mar 2013 17:44 WIB

Butuh 'Break'? Coba Main Puzzle Sejenak

Menyusun kepingan puzzle jigsaw bisa menjadi aktivitas yang menyegarkan otak (ilustrasi)
Menyusun kepingan puzzle jigsaw bisa menjadi aktivitas yang menyegarkan otak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Sedang jenuh dengan pekerjaan atau bahkan stress karena banyak persoalan tapi tak bisa pergi jauh padahal butuh penyegaran? Mengapa tidak bermain puzzle jigsaw

Eit, jangan salah sangka apalagi menganggap puzzle hanya bikin pikiran tambah rumit. Melibatkan otak dalam menyusun keping untuk menyusun gambar bisa membuat fokus anda teralih sepenuhnya dari permasalahan yang membuat anda tertekan.

Tak cuma itu, kegiatan ini bisa mengasyikkan dan mengembangkan kemampuan berpikir dan analisa Anda, terutama secara visual. Hasil akhirnya, Anda akan memperoleh momen berharga yang memecah 'alur pemikiran' otak.

Bermain puzzle memang tidak akan menyelesaikan persoalan tapi memungkinkan Anda kembali ke topik semua dengan pikiran lebih kuat dan segar.

Tentu, Anda juga mesti memikirkan berapa besar jigsaw dan berapa banyak kepingan yang di dalamnya. Itu bergantung waktu yang dipunyai. Jangan lantas tantangan ingin menyelesaikan jigsaw memberi tambahan stress yang tidak perlu. Pastikan semua memiliki takaran pas, yang penting cukup menyegarkan otak Anda kembali.

Anda pun bisa menjadikan hobi dan membawa koleksi beberapa puzzle di tempat kerja atau saat pergi bertugas sebagai 'jeda' sejenak. Lumayan untuk 'menghibur' otak.

Kini di internet pun terdapat sejumlah situs yang memberikan layanan permainan puzzle gratis. Salah satunya bisa dijumpai di About.com, puzzle dengan pemandangan cantik Irlandia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement