Jumat 08 Mar 2013 14:27 WIB

Disney Setop Animasi Dua Dimensi

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih
Film Paperman garapan Disney
Foto: insidemovies.ew.com
Film Paperman garapan Disney

REPUBLIKA.CO.ID, HOLLYWOOD -- Perusahaan Disney yang memproduksi sejumlah film animasi seperti Bambi, Snow White, dan Fantasia kini tidak lagi menampilkan animasi hasil coretan tangan atau dua dimensi. 

Chief Executive Disney, Bob Iger mengatakan tidak ada satu pun animasi yang diproduksi studionya untuk layar lebar berasal dari buatan tangan.

"Ada cukup banyak kegiatan untuk animasi tangan tapi itu kebanyakan untuk televisi. Kami tidak mengesampingkan kemungkinan fitur itu di masa depan tapi untuk saat ini tidak kami produksi," ujarnya seperti dilansir the Guardian.

Kabar tersebut akan mengecewakan penggemar animasi gambar tangan. Apalagi mengingat adanya kebangkitan film animasi dari John Lasseter, bos Pixar. 

Lasseter sebelumnya menjadi kepala kreatif Disney Animation pada 2006. Dia merekrut banyak animator yang sebelumnya tersingkir karena hadirnya teknologi komputer pada 1990an. 

"Sayangnya 2D menjadi alasan film miskin cerita. Konsesus umum bahwa penonton tidak ingin menonton film animasi buatan tangan adalah sangat konyol," ujar Lasseter yang memelopori Toy Story pada 1995. 

Kematian animasi hasil gambar tangan memunculkan rumor bahwa Disney akan menggunakan teknik yang digunakan dalam film Paperman. Yaitu film animasi yang baru saja memenangkan Oscar. Film tersebut diproduksi animator yang bekerja dengan komputer. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement